Breaking News

Mentawai Arcery Club Kenalkan Olahraga Panahan

Foto: Dandim 0319 Mentawai, Letkol Inf. Febi Adrianto saat memperagakan panah kepada anak-anak. Senin, (31/10/2022).

MENTAWAI. FN- Tradisi panahan Mentawai berpotensi menjadi olahraga panahan berprestasi jika dilakukan pembinaan dengan baik. Untuk itu, Anak-anak muda Mentawai tidak akan sulit mempelajari olahraga panahan prestasi, karena sudah memiliki basic panah tradisional. 

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 0319 Kepulauan Mentawai, Letkol Febi Adrianto yang juga pembina Mentawai Arcery Club (MAC) dalam kegiatan pengenalan peralatan panah kepada anggota komunitas di halaman Kodim, Senin, (31/10/2022).

Dia mengatakan, peralatan panah yang dikenalkan untuk tahap awal sudah sesuai standar nasional. “Kita mulai secara bertahap . Yakni, peralatan panah sesuai standar nasional. Saya melihat ketikan PON kemarin di Papua, kita di Mentawai tidak ada yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Sementara, kita punya potensi ini, karena anak-anak muda Mentawai sudah mengenal panahan, meski baru secara tradisional,” ungkapnya. 

Menurut dia, ini adalah potensi yang bisa dikembangkan asal ada kemauan. Paling tidak, dengan mengikuti olahraga panahan, Mentawai melalui komunitas MAC bisa berkontribusi dalam kegiatan Poprprov, PON maupun Asean Games. Tinggal lagi, bagaimana mengasah potensi yang ada tersebut, dan tetap berkomitmen tidak meninggalkan budaya atau tradisi panahan yang ada di Kepulauan Mentawai. 

Ketua MAC, Irfan mengatakan, bahwa, kegiatan pengenalan peralatan olahraga panahan tersebut, merupakan sesuatu yang baru bagi anak muda Mentawai. Meski begitu, kata dia, tidak menutup kemungkinan ke depan, Mentawai akan memiliki atlit-atlit panahan yang memberikan kontribusi terhadap olahraga prestasi di Kepulauan Mentawai. 

“Ke depan, kegiatan pengenalan ini akan menjadi kegiatan latihan rutin. Minimal, diselenggarakan 3 kali dalam sepekan. Paling tidak, kita juga ingin memancing animo anak-anak muda Mentawai untuk ikut serta berlatih olahraga panahan prestasi ini. Nantinya, kita juga akan berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan olahraga panahan ini,” ungkapnya. 

Hendro, selaku seksi sarana prasarana MAC mengatakan, bahwa, saat ini peralatan panahan baru tersedia 3 set. Ke depan, kata dia, dengan munculnya animo anak-anak muda Mentawai untuk belajar panahan, maka sarana tersebut, akan dioptimalkan. Saat ini, MAC sendiri, masih terus mengoptimalkan kelengkapan olahraga panahan dengan segala keterbatasan yang ada. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre