Breaking News

Kanwil Kemenkumham Sumbar Dukung Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal


Padang,Figurnews.com - Kanwil Kemenkumham Sumbar berkomitmen mendukung Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal dalam Menjaga Keagungan Kementerian Hukum dan HAM. Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya saat mengikuti kegiatan Penguatan Peran Pengawasan Internal Inspektorat Jenderal yang dibarengi dengan Peringatan Hari Jadi ke-56 Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Kamis (3/11).

“Kami jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar menyokong program-program yang dilaksanakan Inspektorat Jenderal untuk mewujudkan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) BerAKHLAK, Kemenkumham Bermartabat,” ujar Kakanwil.

Kegiatan ini diikuti oleh Menkumham RI Yasonna H. Laoly, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budi Revianto, Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu, serta seluruh insan pengayoman se-Indonesia secara virtual. 

Dalam sambutannya, Inspektur Jenderal mengajak kepada seluruh ASN Kemenkumham RI untuk mewujudkan Kemenkumham Bermartabat melalui Aktualisasi Core Value BerAKHLAK.

Irjen Razilu juga menyampaikan Laporan Capaian Panca Program Unggulan 2022, rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Itjen Ke-56, dan Pancaprogram Unggulan Itjen 2023.

Menkumham RI Yasonna Laoly dalam sambutannya menyampaikan bahwa Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja sebuah organisasi, termasuk bagi Kementerian Hukum dan HAM. Itjen bukan hanya sekedar pelengkap organisasi, namun Itjen harus menjadi Center of Excellence.

“Untuk itu, Itjen perlu secara continue mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja. Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata Kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko,” ujar Menkumham.

Pada kesempatan ini, juga diumumkan penghargaan atas capaian kinerja di berbagai aspek terkait pelaksanaan pengawasan internal bagi satuan kerja di Lingkungan Kemenkumham RI dan satuan kerja yang diusulkan memperoleh predikat Wilayah Bersih dari Korupsi (WBK) oleh Inspektorat Jenderal RI. 

Salah satunya adalah Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang yang diusulkan pada Penilaian TPN dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan Rutan Kelas IIB Padang Panjang yang Lolos Penilaian TPI Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Selain itu, juga dilaksanakan Launching Program Unggulan ITJEN 2023 oleh Menteri dan pemotongan tumpeng oleh Menteri didampingi Sekretaris Jenderal, dan Inspektur Jenderal.

(DODI IFANDA)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre