Breaking News

Implementasikan Nilai Luhur, Dandim 1308/LB Deklarasikan Kampung Pancasila

 


Banggai, Figurnews.com- Dandim 1308/LB beserta unsur Forkopimda, Camat, Kapolsek dan undangan lainnya resmikan Kampung Pancasila yang bertempat di jl. Jatiwaringin Desa Tontouan Kec. Luwuk Kab Banggai, Selasa (15/11/2022).

Dalam acara peresmian Kampung Pancasila itu Dandim 1308/LB Letkol Inf Dony Gredinand S.H.,M.Tr.Han.,M.I.Pol  menerangkan bahwa Kampung Pancasila ini merupakan upaya mengingatkan kembali tentang Pancasila sebagai falsafah NKRI. 

Dimana belakangan ini nilai-nilai luhur Pancasila yang telah digali dari nilai-nilai Bangsa dan Rakyat Indonesia sudah mulai merosot, sehingga perlu digairahkan kembali seperti gotong royong, menjaga kekompakan, kekeluargaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, saling membantu dan saling menghargai, saling menghormati antar sesama anak bangsa dan lain sebagainya, jelas Dandim

Selain itu dalam sambutan nya Dandim menyampaikan, kenapa kita perlunya mendeklarasikan Pancasila ,mendeklarasikan Kampung Pancasila ini merupakan bagian dari pada implementasi nilai-nilai luhur Pancasila , upaya kita untuk sikap bagaimana kita menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi  kita Bisa mengajarkan ulang kepada generasi ini.

Bagaimana kita menerapkan contoh yang sangat sederhana sekali gotong royong Jangan Pernah Berubah melupakan bagaimana kita bergotong-royong itu sudah budaya kita budaya masyarakat Indonesia yang sering ditiru oleh bangsa dari gotong royong keakraban kekeluargaan, silaturahmi itu ada di darah daging bangsa Indonesia yang kita syukuri.

Kemudian di dalam kehidupan terkenal kita negara kita yaitu sopan santun di mana saya tentunya akan menghormati orang tua, leluhur terdahulu selaku pejuang-pejuang kita.

Bahwa Pancasila ini yang mempersatukan kita , kita bersyukur di sini buat adik-adik yang masih sekolah bangsa dan negara kita berbagai pulau-pulau kemudian kita mengingatkan juga setelah kita mendeklarasikan  Kampung Pancasila ini memahami  maknanya dan ajak  semua warga disini implementasi tadi gotong-royong serta beragama tidak ada lagi membeda-bedakan mari kita terapkan di kehidupan bersama, semua sama tujuan kita  tetap saudara serta memajukan Kabupaten Banggai khususnya. kemudian kita menjauhi narkoba dan minuman keras. 

Pada kesempatan yang sama Sekda Banggai Ir. Abdullah Ali M.Si  mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Komandan Rayon Militer 1308 -01 Luwuk Banggai dan semua pihak terkait yang telah menyelenggarakan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga ke harmonisasi kehidupan serta mengedepankan semangat kebersamaan toleransi persatuan dan kesatuan yang akan membentangi kita dari potensi perpecahan persatuan dan kesatuan juga hendaknya mampu meningkatkan sinergitas berbagai pihak yang diharapkan dapat berimplikasi kepada lancarnya pembangunan pada berbagai sektor dengan bersama-sama berjalan beriringan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saya optimis kehidupan masyarakat yang penuh kedamaian seimbang dan serasi akan dapat terwujud di Indonesia khususnya di Kabupaten Banggai. 

Sekali lagi saya tekankan dalam setiap aspek kehidupan kita Saya berpesan Kampung Pancasila wajib dimanfaatkan secara optimal untuk membentuk jiwa jiwa dan Kepribadian Pancasila dalam diri anak cucu kita sebagai pemegang tonggak kepemimpinan di masa depan.

Dalam kesempatan itu juga Dandim 1308/LB bersama Unsur Forkopimda didampingi Camat Luwuk secara bersamaan memukul gong sebagai tanda telan diresmikan nya Kampung Pancasila di Desa Tontouan. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre