Breaking News

Dukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba, BNN Pasbar Gelar Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media


Simpang Empat,Figurnews.com

Media Pers merupakan sarana ampuh dalam bidang publikasi, baik untuk menyebarluaskan pemberitaan, ilmu pengetahuan, sosial politik, ekonomi dan teknologi dan sosialisasi atau publikasi program kerja instansi pemerintah, diantaranya Badan Narkotika Nasional.

​Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pasaman Barat  melaksanakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Kepada Insan Media Untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba , Kamis (10 /11/2022) di Aula Hotel Guci Simpang Empat.

Kegiatan ini bertujuan l menjalin kemitraan dengan insan media serta ikut berpatisipasi mendukung program kota tanggap ancaman narkoba yang gencar dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Pasaman Barat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari media cetak , radio dan online di Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effenry,  didampingi Kasubag  Gidion Gerhard Silitonga, Kasubag Umum, menyebutkan workshop penguatan kapasitas untuk wartawan tersebut diikuti 29 wartawan di Pasaman Barat. Terdiri dari wartawan televisi, cetak, radio dan media daring (online).

Dia berharap dengan workshop tersebut akan ada sinergi antara BNNK dengan wartawan dalam mencegah, memberantas peredaran gelap narkoba melalui pemberitaaan media massa di Pasaman Barat. 

"Wartawan melalui pemberitaan  berperan penting dalam upaya mencegah ancaman Narkoba bagi masyarakat di Pasaman Barat," kata Gidion. 

Menurut Gidion, kebijakkan BNN Pasaman Barat melaksanakan tugas, fungsi dan wewenang wilayahnya meliputi Pasaman Barat, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Agam.

Di samping itu, BNNK Pasbar juga meminta dukungan serta partisipasi dari Insan Pers yang mengikuti Workshop untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja BNNK Pasbar.

"Dengan dukungan pemberitaan media masa akan membawa daerah kita tanggap dari ancaman narkoba, sehingga tidak ada lagi narkoba di Pasaman Barat, Pasaman, maupun Agam," kata Gidion.

Dia menyebut, pihaknya telah menyediakan klinik rehabilitasi di BNN warga yang kena narkoba dan konselor, sehingga pencandu narkoba bisa direhab sehingga tidak lebih parah lagi kecanduan narkoba. 

Pihaknya terus melaksanakan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), baik tingkat nagari, maupun sekolah SLTP dan SLTA. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasaman Barat, Yosmar Difia dengan materi “Rencana Aksi Nasional P4GN untuk mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba. Workshop juga dihadiri Pemateri dari Dinkes dan perwakilan Redaksi SCTV Indosiar.

“Kita perlu menyampaikan kepada masyarakat, melalui media pers agar terus menerus membantu BNNK Pasbar untuk menekan angka kriminalitas khususnya Narkotika yang beredar di Kabupaten Pasaman Barat,”. Kata Yosmar Difia.

Selama ini, langkah-langkah strategis yang dilakukan pihak Kepolisian BNNK Pasbar dan Kesbangpol serta Dinkes dan Puskesmas adalah upaya pencegahan dengan memberikan sosialisasi serta edukasi di semua bidang, atau semua lini termasuk Nagari Bersinar yang menjadi program andalan BNN.

“Saya berharap kepada rekan-rekan insan Pers yang diundang hampir setiap tahun ini harus bisa paham, bahwa ternyata rehabilitasi itu penting. Mari kita tanggap terhadap narkoba di mana saja kita berada,” tandasnya.

Selanjutkan penyampaian materi bahaya narkoba terhadap kesehatan oleh dr. Gina Alecia Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat.

Dokter Gina mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama ikut menggalakkan anti narkoba yang dimulai dari keluarga dan lingkungan, juga turut berpartisipasi aktif memberikan pemahaman akan bahaya narkoba bagi kesehatan pengguna dan terlebih-lebih kepada pengedarnya.

“Kita himbau semua pihak agar menjaga keluarga dan mempersiapkan anggota keluarga jadi generasi berkualitas, hindari narkoba. Pertama, bentengi diri dari narkoba, pandai memilih teman dalam arti bergaul dengan teman yang dapat memberi pengaruh positif, bukannya yang malah menjerumuskan pada hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba ini. 

Kedua, tingkatkan keimanan, libatkan diri dengan hal-hal positif, ingat bahwa apa yang dilakukan hari ini merupakan tabungan masa depan, mengonsumsi narkoba sama dengan menghancurkan masa depan, diri dan keluarga dan segalanya” pungkasnya.

Dirinya mengharapkan para insan media bisa menjadi corong informasi dan penyambung lidah untuk membantu mensosialisasikan bahaya Narkoba.

“Kedepannya mari kita bekerja dan bahu membahu dalam mempertahankan Kabupaten Pasbar yang Tanggap Narkoba dan semua ini bertujuan untuk menjaga generasi muda terlepas dari jerat Narkoba karena generasi muda adalah harapan bangsa kedepannya,” pesan Gina diakhir penyampaian arahannya.

(Dodi Ifanda)



Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre