Breaking News

Diskominfo Lima Puluh Kota Lakukan Studi Tiru Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Portal Satu Data Indonesia dan PPID pada Diskominfo Pessel



Painan,Figurnews.com -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lima Puluh Kota Propinsi Sumatera Barat, melakukan Studi Komparatif (studi tiru) Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Portal Satu Data Indonesia (SDI) serta Pelayanan PPID pada Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (22/11). 

Rombongan Studi Tiru Diskkminfo Kabupaten Lima Puluh Kota dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik dan Pelayanan Informasi Publik, Mira Ningsih, ST, M.Si, mewakili Kepala Dinas Ir. Eki Haripurnama, M.Si dan didampingi oleh sejumlah pejabat struktural/fungsional tertentu disambut dengan hangat oleh 'keluarga besar' Diskominfo di Pesisir Selatan.

Tuan rumah, dipimpin oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi, S.Kom, M.E, terdiri dari; Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (AlTika), Kepala Bidang Statistik dan Persandian (SP) dan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Pejabat Fungsional Kehumasan (JFH) dengan senang hati membagi habis seluruh "pandapeknya" (ilmu/pengetahuan-red) yang diminta/ditanyakan oleh tamu dari "Luhak Limopuluh Koto" tersebut. 

Tema; Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Portal SDI Daerah Kabupaten/Kota serta Pelayanan PPID memang menarik perhatian banyak stake holder pemerintah daerah, tidak terkecuali bagi Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lima Puluh Kota. Sehingga, merasa perlu melakukan transpormasi ilmu pengetahuan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. 

Studi Komparatif/sharing Informasi  merupakan salah satu metode adaptif yang paling sering dilaksanakan oleh stakeholder terkait di Kabupaten/Kota dalam upaya penguatan kinerja organisasi. 

"Tujuan kami melakukan studi tiru ini adalah untuk sharing informasi sebagai upaya meningkatkan penyelenggaraan/pelaksanaan kegiatan," ujar Mira Ningsih ST, M.Si, Kabid Statistik dan Pelayanan Informasi Diskominfo Kabupaten Lima Puluh Kota, membuka percakapan dengan rekannya di Pesisir Selatan. 

Sementara, Keberhasilan Dinas Kominfo Kabupaten Pesisir Selatan dalam pelaksanaan KIP di Tingkat Propinsi Sumatera Barat dan Nasional yang sangat fenomenal juga membuat daerah lain berdecak kagum, sehingga hal ini menjadi motivasi stake holder terkait di daerah lain untuk berbuat persis yang dilakukan oleh rekan-rekan Kominfo di Kabupaten Pesisir Selatan. 

Seperti dijelaskan oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Junaidi S.Kom, ME kepada tamunya tersebut. 

"Komitmen dan konsistensi Pemerintah Daerah terhadap pelaksanaan KIP ini sangat diperlukan,"ujarnya. 

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sebagai Peringkat I Terbaik Tingkat Propinsi Sumatera Barat dalam pelaksanaan KIP empat kali (2018 s/d 2021),  dan In Syah Allah Tahun 2022 ini juga termasuk nominasi terbaik, tentunya tidak serta merta bisa dicapai. Kuncinya, adalah komitmen dan konsistensi seluruh stakeholder di daerah. Terutama,  dukungan Bupati/Kepala Daerah terhadap kebijakan anggaran termasuk motivasi moril sebagai apresiasi terhadap capaian keberhasilan tersebut. 

Senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (ApTika) Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan, Syafrudin, SH dengan reward atau funismen terhadap pelaksanaan KIP dan PPID di masing-masing OPD/sektoral. 

"Jika tidak mampu memberikan reward, bisa dengan memberikan funismen terhadap OPD tersebut,"ujarnya. 

Kabid ApTika Diskkminfo Kabupaten Pesisir Selatan, Syafruddin SH juga memberikan Tip dan Saran kepada tamunya dari Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut terkait penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Portal Satu Data Indonesia; secara konsepsi dan kontekstual, seperti konsep satu data dan produsen data/sektoral serta membuat inovasi. 

"Inovasi Pessel Dalam Genggaman, berbasis Android. Inovasi ini memudahkan kita melaukan  panen data,"tambahnya.(Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre