Breaking News

Diskominfo Agam Adakan Forum Satu Data Kabupaten Agam



Agam, Figurnews.com
- Diskominfo Kabupaten Agam bersama BAPPEDA Kabupaten Agam dan BPS Agam menyelenggarakan Forum Satu Data Kabupaten Agam di Aula BAPPEDA, Selasa (22/11).

Forum satu data hadir untuk memperkuat koordinasi Pembina Data, Walidata Pendukung, dan Produsen Data. 

Kegiatan dibuka oleh Bupati Agam Dr H Andri Warman MM. Bupati menyampaikan dalam sambutannya bahwa harapannya agar Forum Satu Data ini dapat dilaksanakan secara berkala, sehingga nantinya dapat tercapai tata kelola data sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam yang sesuai dengan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia untuk kemajuan daerah Kabupaten Agam.

“Pertemuan ini sangat penting untuk bapak-bapak dan ibu-ibu yang berada di sektor pelayanan masyarakat secara langsung, karena pelayanan membutuhkan data-data. Maka data-data ini akan kita buat menjadi satu data dengan memanfaatkan teknologi yang terbaru sehingga tidak perlu repot lagi sehingga publik bisa mendapatkan data yang akurat. Maka dibutuhkan sinergitas antar instansi baik dalam hal komitmen, kolaborasi, dan koordinasi.” Tegas Bupati.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam Rahmad Lasmono SSos MAP menyampaikan dalam laporan kegiatan bahwa Forum Satu Data ini bertujuan Mensosialisasikan Peraturan Presiden RI No. 39 Tahun 2019 dan Perbup Agam No. 17 tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Agam, yang telah dirubah dengan Perbup Agam No. 14 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati No. 17 tahun 2020 tentang Satu Data Kabupaten Agam.

“ Kegiatan ini bertujuan juga untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan sebagai dasar dan rujukan utama dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.” Ungkapnya.




Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari Kepala BPS Agam Evi Junaidi SST MSi, BAPPEDA Agam Endrimelson SKom MSi, dan Sekretaris Diskominfo Agam Daswilza SP MM.  Adek Budiman Perwakilan BPS Agam juga sempat menyampaikan sosialisasi mengenai Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, serta Kabid IKP Diskominfo juga menyampaikan arahan mengenai ketersediaan data yang harus dilaporkan dan dipenuhi oleh setiap instansi dan kecamatan di Kabupaten Agam pada situs PPID Kabupaten Agam .

Kegiatan dihadiri oleh unsur forkopimda Kabupaten Agam, perwakilan seluruh OPD/Instansi dan Camat se-Kabupaten Agam. 

Kedepannya akan direncanakan forum satu data lanjutan untuk tercapainya data yang berkualitas sehingga menghasilkan perencanaan yang tepat sasaran untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah.(Kominfo) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre