Breaking News

Dinas PUPR Kota Kediri Lakukan Pembersihan Di Jembatan Lama

 


Kota Kediri, Jatim Figurnews.com. - Upaya Pemerintah Kota Kediri dalam mengantisipasi adanya bahaya banjir , terkait pergantian musim penghujan dan adanya volome debet curah hujan yang tinggi pada kondisi cuaca yang sangat ekstrim Dinas PUPR Kota Kediri Lakukan pembersihan sampah sampah dan pohon bambu yang tersangkut pada tiang penyangga Jembatan Lama dilakukan pada tanggal 21/10/2022.

Jembatan Lama Kota Kediri merupakan Jembatan yang menghubungkan Kediri Timur dan Barat dimana jembatan tersebut berada pada aliran Sungai Brantas , yang dibangun sejak Pemerintahan Pada masa Penjajahan  Belanda sejak 1855 dan diresmikan untuk umum pada 18 Maret 1869 , yang diperkirakan usia jembatan lama tersebut sudah berumur  satu setengah abad dan berdasarkan SK Wali Kota Kediri 19 Maret 2022 merupakan Bangunan Cagar Budaya yang perlu dilestarikan dan dirawat keberadaanya , mengingat sampah dan pohon bambu yang terbawa arus deras  air sungai Brantas diwaktu musim hujan dengan curah hujan tinggi yang membawa sampah sampah dan pohon bambu yang menyangkut padang tiang jembatan sehingga bisa membahayakan kondisi jembatan tersebut.

Di sela sela kegiatan tersebut ditemui Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Endang Kartika Sari, ST. MM, menyampaikan bahwasanya dalam kegiatan tersebut adalah kegiatan agenda rutinitas tahunan   Dinas PUPR pada musim penghujan agar Kota Kediri terbebas dari banjir dan merupakan salah satu dalam upaya perawatan Jembatan Lama dari derasnya arus Sungai Brantas di musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang sangat tinggi sehingga membawa beberapa sampah dan pohon bambu yang mengakibatkan menyangkut di tiang penjangga jembatan lama, dan ini sangat membahayakan kondisi jembatan yang sudah sangat tua usia jembatan tersebut.

Masih disampaikanya, dia juga berharap  agar  warga masyarakat ikut merawat dan melestarikan dengan tidak sembarangan membuang sampah di Jembatan lama , jembatan yang memiliki nilai sejarah dan merupakan cagar budaya bangsa yang harus dilestarikan keberadaanya, demikian disampaikan Endang Kartika Sari ST,. MM Kepala Dinas PUPR Kota Kediri. 

(Rud)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre