Breaking News

BUPATI BANGGAI BUKA SEMINAR KESEHATAN DAN MUSCAB IKATAN DOKTER INDONESIA

 


Banggai, Figurnews.com- 𝙋𝙍𝙊𝙆𝙊𝙋𝙄𝙈-𝙇𝙪𝙬𝙪𝙠.  Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, M.M. membuka kegiatan 𝙎𝙚𝙢𝙞𝙣𝙖𝙧 𝙆𝙚𝙨𝙚𝙝𝙖𝙩𝙖𝙣 𝙙𝙖𝙣 𝙈𝙪𝙨𝙮𝙖𝙬𝙖𝙧𝙖𝙝 𝘾𝙖𝙗𝙖𝙣𝙜 𝙑 𝙄𝙠𝙖𝙩𝙖𝙣 𝘿𝙤𝙠𝙩𝙚𝙧 𝙄𝙣𝙙𝙤𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖 di Estrella Hotel, hari Minggu (27/11/2022). 

Kegiatan dengan tema _Bersama IDI Pulihkan Kesehatan Menuju Banggai Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera_ dihadiri oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai, Kadis P2KBP3A Kabupaten Banggai, Direktur UPT RSUD Kabupaten Banggai, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Banggai, Ketua Organisasi Profesi Kabupaten Banggai, Kepala BPKAD, para Dokter Spesialis, para Dokter Umum, Pimpinan BUMD/BUMN/Swasta dan Undangan Peserta Seminar Kesehatan lainnya serta peserta Muscab IDI Cabang Banggai.

Bupati Banggai menyambut baik dan memberikan apresiasi yang baik seputar dengan kegiatan Seminar Kesehatan. Sehubungan dengan itu, Bupati berharap agar ke depannya seminar yang dilaksanakan sebisa mungkin menghadirkan peserta dari masyarakat umum. Hal lain juga menurut Bupati Amirudin hal-hal yang perlu di adopsi adalah bila ada percontohan yang baik di tempat lain.

Sementara itu Ketua IDI Cabang Banggai dr. Ernita Kamindang, Sp.PD. berharap, agar hasil yang dicapai pada hari ini memberikan kemajuan bagi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke depan. Menurutnya, Musyawarah Cabang adalah wadah penyaluran aspirasi anggota IDI Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan setiap tiga tahun sesuai AD/ART Ikatan Dokter Indonesia. Ketua IDI tersebut juga mengucapkan terima-kasih Bupati Banggai yang telah mendorong para dokter di Kabupaten Banggai untuk memberikan dedikasi dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dengan tetap bersinergi dengan stakeholder-stakeholder kesehatan yang ada di Kabupaten Banggai. Dikatakannya bahwa Wakil Gubernur juga sangat besar perhatian terhadap IDI, yang selalu memberikan saran dan motivasi kepada seluruh anggota IDI Cabang Banggai agar senantiasa menambah wawasan keilmuan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Semoga kedepannya harap dr. Ernita, kerjasama dengan Pemerintah Daerah yang sudah cukup baik ini tetap terpelihara dengan kepengurusan IDI Cabang Banggai periode selanjutnya.

Ketua IDI Wilayah Sulawesi Tengah (dr. Muhammad Akbar, M.Kes.) yang diwakili dr. Budiyanto Uda'a, Sp.KFR, M.Ked.Klin menyatakan, IDI hadir ditengah masyarakat sebagai wadah para dokter di Indonesia untuk memastikan tersedianya dokter yang profesional, legal dan memenuhi semua aspek yang dipersyaratkan dalam perundangundangan. Di Sulawesi Tengah katanya, dari Data Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021, rasio dokter umum saat ini adalah 29 per 100.000 penduduk, masih rendah dari target yakni 45 per 100.000 penduduk.

Menurut dr. Budiyanto Uda'a, Sp.KFR, M.Ked.Klin dokter keluaran Universitas Muslim Indonesia Makassar ini, permasalah distribusi dokter tidak hanya pada kuantitas, tetapi juga menyangkut beberapa hal, antara lain kesenjangan kesejahteraan dalam hal pendapatan, dimana masih ada dokter yang bekerja di daerah terpencil pendapatannya dibawah standar kelayakan, perlindungan hukum yang tidak jelas dari institusi, atau ketidakpastian dalam pemenuhan kesempatan pengembangan keilmuan berkelanjutan.

Seperti diketahui, Seminar Kesehatan yang dirangkaikan dengan Muscab IDI V Tahun 2022 ini, kegiatannya dimulai dari Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Dokter Spesialis yang telah dilaksanakan di Puskesmas Bunta tanggal 23 Oktober 2022. "Kegiatan tersebut langsung ditangani oleh 12 dokter spesialis yang merupakan anggota IDI Cabang Banggai, diantaranya dokter anak, dokter jantung, dokter paru, dokter penyakit dalam, dokter kandungan, dokter mata, dokter saraf, dokter bedah, dokter kulit dan kelamin, dokter radiologi, dan dokter THT. Total yang diperiksa saat itu adalah 586 pasien," kata Ketua Panitia dr. Afriani S. Djibran, Sp.M, M.Kes. Sedangkan untuk Seminar Kesehatan katanya, seminar tersebut diikuti oleh 117 peserta, yang terdiri dari seluruh anggota IDI Cabang Banggai dan anggota IDI cabang lainnya. 

Kegiatan pembukaan Seminar Kesehatan tersebut yang dibuka oleh Bupati Banggai tersebut ditandai dengan pemukulan gong yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat dari Ikatan Dokter Indonesia kepada Bupati Banggai dan diakhiri dengan kegiatan Foto Bersama. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre