Breaking News

Bangkitkan UMKM, Kolaborasi BI dan Kemenparekraf RI Bersama Pemprov Gelar BKSS

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno di Dampingi Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya saat Memberikan keterangan Pers (foto Fera)

Palembang, Figurnews.com,-

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Pemerintah Provinsi Sumatera serta didukung berbagai instansi terkait menyelenggarakan kegiatan Harvesting Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) guna membangkitkan UMKM di Sumsel.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 18-20 November 2022 di lapangan parkir PTC, Sabtu (19/11/2022).

Sebanyak 30 Produk Ekonomi Kreatif (Ekraf) ciri khas Sumatera Selatan dipamerkan pad kesempatan tersebut.Acara ini juga merupakan selebrasi bagi sekitar 200 pelaku Ekraf yang telah mengikuti rangkaian pelatihan peningkatan kapasitas UMKM sejak awal September lalu. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Erwin Soeriadimadja menyampaikan bahwa sebagai bentuk dukungan dalam penyelenggaraan BKSS, Bank Indonesia Sumatera Selatan telah mengikutsertakan 20 UMKM pempek mitra Bank indonesia dalam rangkaian kegiatan aktivasi Gernas BBI ini.

Kemudian, pada kegiatan harvesting BKSS pada 18-20 November ini, Bank Indonesia juga turut mendukung dengan penyelenggaraan talkshow, pameran UMKM, layanan mobil kas keliling penukaran uang rupiah serta showcasing yang mengangkat berbagai topik terkait QRIS, Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Erwin Soeriadimadja Terima Apresiasi dari Kemenparekraf RI (foto Fera)


Lebih lanjut Erwin menyampaikan bahwa Bank Indonesia juga terus mendorong akselerasi transformasi digitalisasi UMKM melalui pemanfaatan QRIS. Sampai dengan akhir Oktober 2022, jumlah pengguna QRIS baru di Sumatera Selatan mencapai lebih dari 530 ribu pengguna, atau telah melebihi dari target yang dicanangkan.

Dengan adanya BKSS 2022 ini, diharapkan mampu mendorong dan mengakselerasi kebangkitan UMKM serta menciptakan UMKM Champions yang lahir dari kualitas pembinaan secara integratif. Ke depan, Bank indonesia berkomitmen untuk terus bersinergi dan mendukung pelaksanaan GBBI sebagai langkah nyata inovasi & sinergi dalam rangka pemulihan ekonomi dan mendorong semangat bangga produk & wisata lokal.

Sementara Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, dalam kesempatan harvesting BKSS mengajak masyarakat untuk senantiasa bangga dan menggunakan produk dalam negeri, termasuk produk UMKM.

 “Dengan kerja keras dan sinergi bersama, UMKM telah terbukti mampu menjadi penopang perekonomian Indonesia, termasuk di masa pandemi.

"Kontribusi UMKM terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) mencapai 60,5% dengan kontribusi terhadap pencapaian tenaga kerja nasional mencapai 96,9%” ujar Sandiaga. 

Ia juga menyampaikan bahwa pada harvesting BKSS ini, 200 UMKM yang telah lulus kurasi dan mengikuti rangkaian kegiatan BKSS seperti pelatihan, pendampingan serta perluasan pasar sejak awal September lalu telah berhasil meningkatkan omzet hingga 89.5% dan melibatkan 459 tenaga kerja. 

Selanjutnya, Menparekraf juga secara langsung memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 5 UMKM Champion dengan peningkatan omzet tertinggi antara lain kepada UMKM Kriya Nadina Salim, yang berhasil meningkatkan omzet hingga 548% serta UMKM kuliner Rongkes21 yang berhasil meningkatkan omzet hingga 253%.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Mawardi Yahya, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menparekraf karena telah menunjuk Sumatera Selatan sebagai tempat pelaksanaan Gernas BBI – BKSS 2022.

“Mudah-mudahan acara ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM serta berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan di Sumatera Selatan, "harap Mawardi.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarvest), Odo R.M. Manuhutu, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi, Kepala Grup Pengembangan UMKM dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia, Elsya MS Chani,dan Wakil DPRD Sumsel Giri Ramandha serta para pelaku ekonomi kreatif di Sumatera Selatan.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre