Breaking News

Wamen Ketenagakerjaan RI Dukung Penuh Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLKk di Kab. Pessel



 Painan,Figurnews.com --  Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan Republik Indonesia (RI), Ir. Afriansyah Noor, M.Si mendukung penuh pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Pesisir Selatan. Ia memuji area yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat seluas 3,9 hektare dalam pembangunan Balai Latihan Kerja tersebut. 

"Lokasinya sangat luar biasa ya. Saya sangat memberikan support pada Pemerintah Pesisir Selatan untuk pembangunan BLK di sini," kata Wamen saat meninjau lokasi, Minggu (2/10).

Peninjauan lokasi didampingi langsung oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Sekretaris Daerah (Sekda) Mawardi Roska. Kemudian juga dari pensiunan Dirjen Ketenagakerjaan Masri Hasyar, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Wali Nagari setempat. 

Pembangunan Balai Latihan Kerja itu berada di perbatasan Kecamatan Batang Kapas dengan Kecamatan Sutera, di Kenagarian Taluak sama Kenagarian Tratak. 

Afriasyah Noor melanjutkan Balai Latihan Kerja ini nantinya terbagi dengan tiga kejuruan, yaitu Pariwisata, Kelautan dan Motor tempel. Sehingga dapat mengajari bagi para nelayan - nelayan maupun masyarakat yang ada di Pesisir Selatan. 

Disamping itu, ia pun juga memuji pemerintah pesisir selatan yang telah menyerahkan tanah seluas 3,9 hektare yang akan dilakukan kerjasama dalam bentuk perjanjian, hibah dan lain - lain sebagainya dalam pembangunan Balai Latihan Kerja tesebut.

Dalam perencanaan, sambungnya, pembangunan BLK tersebut dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera dibangun karena masterplanya telah terbentuk. 

Pembangunan itu akan menelan anggaran berkisar Rp15 miliar. Untuk itu area ini dimanfaatkan dengan baik yang bisa mendidik anak-anak di Sumatera Barat khusus pesisir selatan guna menjadi tenaga yang punya skil dan kemampuan masyarakat sehingga dapat mengangkat derajat daerah setempat. 

"Mudah - mudahan dengan waktu yang tidak lama lagi akan segera dibangun karena masterplan sudah terbentuk juga. Insya Allah di tahun 2023 mendatang, doa kan ya, nanti pak Bupati yang meletakkan batu pertamanya," kata dia.

"Dan nanti kita juga akan menyiapkan Balai Latihan Kerja ini dengan instruktur yang handal dari Kementerian. Mudah - mudahan pesisir selatan menjadi projek pertama dari Kementerian Ketenagakerjaan di bidang pariwisata," harap Wamen. 

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan penyerahan hibah tanah tersebut merupakan aset terbesar dan sesuai kebutuhan untuk persyaratan dalam pembangunan Balai Latihan Kerja di daerah itu. Dan secara geografis keberadaanya pun di tengah dari ujung utara dan selatan.

"Nah, dengan adanya BLK ini nanti ada multi efeknya. Dan kita berharap dapat membantu percepatan ekonomi di pesisir selatan," kata Rusma Yul Anwar. 

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pak Wamen yang telah menunjuk pesisir selatan sebagai tempat pembangunan Balai Latihan Kerja ini," ungkapnya. (PN-018).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre