Breaking News

Wabub Blitar Dan Kapolres Blitar, Tinjau Lokasi Dan Tempat Evakuasi Korban Banjir


Blitar, Jatim Figurnews. Com. -- Musim Penghujan telah tiba , bencana banjir banyak terjadi di mana mana Bencana Tanggap Darurat di masing  wilayah sudah mulai digalakkan seperti halnya yang dilakukan oleh

Wabup Blitar Rahmat Santoso bersama Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom langsung bergerak cepat tinjau lokasi dan tempat pengungsian korban banjir, di Kecamatan Sutojayan,Senin (17/10/22) pagi.

Wabup Blitar Rahmat Santoso mengatakan,sebelumnya menyiapkan apel siaga bencana,namun ditunda langsung tindakan saja tidak perlu apel siaga bencana,"Dan apel ditunda nanti kalau sudah tidak hujan,"tuturnya.

Wabup menambahkan, beberapa langkah sudah dilakukan dengan berkoordinasi stakeholder terkait dan menyiapkan tempat pengungsian bagi masyarakat korban banjir. 

"Saya meminta untuk terlebih dahulu dalam proses evakuasi korban kepada ODGJ, Disabilitas, Ibu Hamil, Lansia dan Balita, dan tadi juga ada dua orang bayi yang baru lahir juga," terangnya.

Wabup yang akrab disapa Makdhe Rahmat ini menjelaskan, pihaknya juga memerintahkan untuk membuka pintu-pintu air agar banjir segera surut. 

Setelahnya bersama Kapolres Blitar dan Dandim 0808/Blitar langsung tempat kejadian korban banjir, dan mengintruksikan untuk dinas dan stakeholder terkait segera membantu evakuasi dan berkoordinasi jangan sampai terjadi korban jiwa.

“Dan untuk bayi tadi saya memerintahkan untuk dibawa ke Rumah Sakit atau minimal di Puskesmas, tidak saya sarankan untuk di tempat pengungsian,karena ada dua bayi yang masih kecil sekali tadi,”ungkap Makdhe Rahmat.

Makde Rahmat melanjutkan, kepada masyarakat tidak perlu panik,dan mohon bersabar Pemkab Blitar juga sudah bekerja langsung dalam bencana ini.Serta segera berkoordinasi untuk mengatasi adanya banjir susulan dan tidak berlangganan setiap musim penghujan datang.

"Karena hujan memang turun begitu lebat sejak tadi malam sampai pagi ini,sebelum dapur umum itu jadi, dari Dinsos Kabupaten Blitar sudah menyiapkan dan mengirimkan makanan jadi (siap saji) dulu.Kita tadi meninjau di daerah Kembang Arum, Sukorejo dan yang terparah, banjir terjadi di daerah Sukorejo,”pungkas Makdhe Rahmat.

( Rud'22) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre