Breaking News

Terkait Musim Hujan Dan Cuaca Ekstrim Ini Pesan Kalaksa BPBD OKI


  

OKI, Figurnews.com-– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ilir, menghimbau untuk meningkatkan kesiap siagaan menghadapi dampak musim hujan dan potensi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi. Sejumlah langkah pun telah disiapkan untuk mencegah sekaligus menanggulangi musim hujan dan dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Kesiap siagaan ini sebagaimana merujuk laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi datangnya hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di bulan Oktober dan puncaknya di bulan Nopember 2022.

Kepala BPBD Kabupaten OKI, Listiadi Martin, S.Sos, MM di bincangi awak media Nusantaraglobal.co di ruang kerjanya, memastikan telah menyiapkan sejumlah langkah dalam upaya menghadapi serta menanggulangi potensi cuaca ekstrem pada beberapa bulan ke depan. Senin (24/10/2022).

“Yang pertama kita melaksanakan koordinasi secara rutin dan berkala dengan BMKG untuk mengetahui secara dini informasi perubahaan cuaca, selain dengan BMKG, Lisiadi juga menyatakan, bahwa BPBD Ogan Komering Ilir rutin melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait untuk antisipasi pencegahan dampak musim hujan dan cuaca ekstrem.

Sekaligus pula mengkomandoi dan mengkoordinasikan tugas PD terkait apabila terjadi kejadian bencana. “Jadi peringatan dini dari BMKG terkait potensi cuaca ekstrem dan apabila terjadi bencana banjir, itu kita informasikan ke Perangkat Daerah terkait agar bisa mengambil langkah cepat,” jelas dia.

“Kita telah melaksanakan latihan penanggulangan bencana bersama unsur TNI, dan juga rutin melaksanakan pengecekan perlengkapan dan peralatan tanggap bencana agar siap saat digunakan,” tambahnya.

Meski demikian, kata dia, upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten OKI terkait kebencanaan tidak mungkin bisa sempurna tanpa keterlibatan semua elemen dan masyarakat. “Terkait bencana tidak bisa hanya BPBD, karena bencana itu urusan bersama, dan untuk daerah yang berpotensi angin puting beliung yaitu di daerah perairan, seperti Kec Tulung Selapan, Air Sugihan, ujarnya.

Oleh sebabnya, Listiadi menghimbau sekaligus mengajak masyarakat agar terlibat aktif dalam upaya pencegahan yang dapat ditimbulkan dari potensi datangnya musim hujan dan cuaca ekstrem. Seperti di antaranya, melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar serta pemotongan pohon yang sudah lebat. Sekaligus pula melakukan pembersihan saluran air yang berpotensi penyumbatan aliran air, juga melakukan pengecekan kondisi rumah terutama atap genteng yang berpotensi roboh atau doyong.

Memasuki musim penghujan ini, Kepala BPBD juga kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon, tiang listrik dan baliho. Apabila terjadi hujan lebat, ia berpesan agar masyarakat dapat segera berteduh di tempat yang aman. Ujar Listiadi Martin. (M.Tahan.)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre