Breaking News

Satpolair polres tarakan Tangani Kasus Laka laut Speedboat yang Tewaskan Satu Orang Motoris speed


TARAKAN, FIGURNEWS. COM - 

Kecelakaan laut melibatkan tubrukan dua speedboat terjadi Jumat (14/10/2022) lalu yang menewaskan satu orang motoris, kini ditangani Satuan Polair Polres Tarakan.

Dikatakan Kapolres Tarakan, AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H melalui Kasat Polair Polres Tarakan, IPTU Jamzani, S.H, kejadian tubrukan diperkirakan terjadi pukul 19.30 WITA sampai pukul 19.45 WITA.

Lokasi kejadiannya di perairan muara Selumit Pantai Tarakan tepatnya wilayah belokan muara Selumit Pantai dengan lebar muara 25 meter.

Saat kejadian dikatakan Kasat Polair Polres Tarakan, IPTU Jamzani, awalnya speedboat yang dimotoris oleh YS dengan ABK satu orang RA berangkat dari Beringin menuju Perikanan dengan kondisi muatan speedboat kosong.

“Kemudian dari berlawanan arah, ada speedboat bernama Mobile Legend dari arah Juata Laut menuju ke Muara Selumit Pantai. Speedboat itu dimotoris FA dan ditumpangi BA, SA dan PA. Sesampai di peraian muara Selumit Pantai,speedboat yang dimotoris FA laju dan dalam kondisi berbelok-belok kemudian di depan muara Selumit Pantai menabrak speedboat yang dimotoris YS dari arah Beringin,” beber IPTU Jamzani kepada awak media dalam rilisnya.

Ia melanjutkan, posisinya speedboat dari arah Juata Laut dalam kondisi laju dan melambung kemudian menabrak speedboat dari arah beringin. Tubrukan pun tak terelakkan dan motoris Speedboat Mobile Legend terlempar.

“Speedboat yang ditabrak, dari Beringin, kondisinya terbalik berputar di muara dan berhenti di pos. Melihat speedboat yang menabrak tadi terlempar dan oleng dan menabrak kendang ayam yang ada di pinggiran pos yang ada di Selumit Pantai,” bebernya.

Ia melanjutkan, setelah dibantu evakuasi, dari Satpolair mendatangi lokasi TKP dan mengamankan semua barang bukti baik speedboat yang ditabrak dan yang menabrak.

“Sampai saat ini yang sudah dimintai keterangan, saksi dari RA dan RH, BA yang luka di pelipisnya terhantam kendang ayam, pipi biru, PA juga mengalami luka di pelipis kiri dan terkena kayu ulin,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, juga dilakukan pemeriksaa terhadap MA yang membantu melakukan evakuasi awal. “Yang belum dilakukan pemeriksaan dari ahli KSOP, karena di laut masing bingung terkait kewenangan untuk kapasitas speedboat,” ujarnya.

Namun lanjutnya, melihat kasus tersebut, dipastikan Speedboat Mobile Legend dengan penumpang empat orang potensi bersalah karena selain ugal-ugalan, juga melambung dan menabrak speedboat dari arah Beringin.

Ia juga meminta pemilik speedboat melengkapi lampu di bagian body dan tidak hanya di bagian kepala speedboat.

Dari kejadian tersebut, motoris dari Mobile Legend, FA, nyawanya tidak bisa diselamatkan pasca diduga terlempar ke laut usai menabrak speedboat dari arah Beringin. “Ditemukan kondisi meninggal. Lukanya di kepala, terkena benturan. diduga Kedua speedboat tidak dilengkapi penerangan di body karena kapasitas mesin mereka 40-an PK, nanti kami tanyakan ke ahli apakah wajib ada penerangan apa tidak,” pungkasnya. (*****)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre