Breaking News

Relaunching Jalur Pendakian Proklamator TWA Gunung Marapi, Audy : Namanya Sangat Spesial

 


Agam, Figurnews.com  – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat mereaktivasi (reaktivasi) Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi, dengan nama jalur pendakian proklamator.

Lokasi ini tepatnya di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

Jalur pendakian proklamator TWA Gunung Marapi ini, direlaunching Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dr Audy Joinaldy, Sabtu (29/10).

Audy Joinaldy menyebutkan, potensi alam di Sumbar khususnya Agam sangat luar biasa, bahkan ia mengapresiasi BKSDA mereaktivasi TWA Gunung Marapi ini.

“Namanya juga sangat spesial yaitu, jalur pendakian proklamator. Ini mengingatkan kita semua bahwasannya Muhammad Hatta atau Bung Hatta berasal dari Agam/Bukittinggi,” ujarnya.

Dalam mengelola objek wisata ini, ia minta Pokdarwis dibina dengan baik, karena kunci kemajuan pariwisata tergantung SDM-nya.

“Sumbar miliki lebih kurang 29 gunung, tapi gunung merapi jadi idola bagi pendaki,” sebutnya.

Maka menurutnya, dengan reaktivasi TWA Gunung Marapi yang bernama jalur pendakian proklamator ini, bisa menarik wisatawan untuk berkunjung.

Tapi edukasi terhadap pendaki katanya, juga penting. Ia meyakini Pokdarwis di bawah binaan BKSDA bisa membimbing pengunjung nantinya.

“Begitu juga dengan keselamatan pendaki, harus menjadi salah satu faktor utama. Bagaimana mereka bisa selamat pulang dan pergi,” kata Audy.

Ia meneritakan pengalamannya saat mendaki ke Gunung Talang, yang lokasinya banyak tumpukan sampah.

“Kita harap dengan dilakukan edukasi nanti, hal negatif seperti itu tidak terjadi di Gunung Marapi,” harap Audy. 

Bupati Agam, Dr H Andri Warman hadir saat itu ikut mengapresiasi reaktivasi TWA Gunung Marapi, yang sudah lama tidak aktif dalam kegiatan pendakian.

Menurutnya, ini akan membuka peluang dalam mengembangkan wisata minat khusus di Sumbar, khususnya Kabupaten Agam.

“Tentu SDM-nya harus profesional, dengan tetap menjaga kebersihan, keasrian dan kelestarian alam,” katanya.

Sejalan dengan program Pemprov Sumbar Visit Beautiful West Sumatera 2023, ia mengajak pelaku wisata berperan sesuai bidang masing-masing dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Apalagi kita miliki objek wisata yang lengkap, ada gunung, danau, ngarai, laut dan lainnya. Tinggal bagaimana kita bisa menarik wisatawan untuk berkunjung,” katanya. 

Launching Jalur Pendakian Proklamator TWA Gunung Marapi ini ditandai dengan pembukaan papan selubung.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Information Center TWA Gunung Marapi, dilanjutkan penanaman pohon. 

Kemudian penyerahan bantuan pembangunan usaha ekonomi untuk 8 Kelompok Tani Hutan (KTH), dua diantaranya dari Agam. Masing-masingnya menerima Rp49.950.000. (Humas)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre