Breaking News

Pokir DPRD Sumbar, Syamsul Bahri dan Dinas Perikan Lepaskan 125 ribu Ekor Bibit Ikan di Lubuk Manggis

Lubuk Manggis (Pasbar), Figurnews.com

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Syamsul Bahri dan Kadis Perikanan Provinsi Sumbar diwakili Marwan Kabid Penataan Ruang Laut dan Pengawasan sumberdaya ikan dan Kadis Perikanan Kabupaten Pasaman Barat Zulfie didampingi Najjar Lubis Owner Wisata Waterboom Peridon Siap Maju melakukan sosialisasi dan penyerahan bibit ikan gariang  (Mahaseer) garing 53 ribu ekor dan  ikan nila 72 ribu ekor untuk dilepaskan Ikan larangan Lubuk Manggis Kejorongan Aek Nabirong, kecamatan Koto Balingka Pasaman Barat. Jum'at (07 /10/2022).

Bibit ikan sebanyak 125 ribu ekor tersebut dianggarkan melalui pengusulan Pokok Pikiran (Pokir) Syamsul Bahri Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ia menyampaikan  penyaluran bantuan benih Ikan untuk dilepas liarkan di sungai Batang Batahan Lubuk Manggis Kejorongan Aek Nabirong ini adalah Program Konserpasi Perikanan Restoking, tegas Syamsul Bahri. 

"Pelepasan bibit ikan ini tiada lain untuk melestarikan budidaya ikan di sungai dan saya berharap ikan ini dapat berkembang biak tumbuh besar dan dapat membantu perekonomian Masyarakat sekitar. Mari kita sama-sama menjaga kelestarian dari habitat ikan di aliran sungai ini" Kata Syamsul Bahri.

Menurut Syamsul Bahri, selain konservasi ikan larangan ini merupakan kearifan lokal Budaya masyarakat daerah tersebut secara turun temurun yang harus di jaga karena selain pelestarian ikan juga panen ikan larangan biasanya diambil sekali setahun pada waktu tertentu saja. Hasil dananya akan di gunakan untuk kepentingan biaya pembangunan fasilitas umum mesjid, kegiatan pemuda dan kegiatan sosial lainnya di kejorongan ini.

"Selain itu juga bisa menjadi destinasi wisata yang berdampak ekonomi bagi masyarakat" terang Syamsul sambil melepaskan bibit ikan dari pinggir sungai .


Selepas itu, dilanjutkan Sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat yang di laksanakan di objek wisata Peridon siap Maju serta Penyerahan Bibit Ikan Garing untuk lubuk larangan Lubuk Manggis di sambut baik oleh ketua Pokwasmas Ikan Latangan Lubuk Manggis, Najjar Lubis.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Syamsul Bahri karena telah memberi edukasi dan bantuan bibit ikan sebanyak lebih kurang 125.000 ekor untuk Lubuk larangan Lubuk manggis kejorongan Aek Nabirong, Saya dan masyarakat akan menjaganya dengan sangat baik " Ungkap Bang Najjar.

Selain itu Najjar lubis juga mengatakan bahwa ini selaras dengan Programnya dalam pengembangan perikanan dan juga objek wisata di Jorong Aek Nabirong. 

" Kegiatan ini sudah selaras dengan program saya dalam pengembangan perikanan dan objek wisata di daerah aek Nabirong ini, Kita juga sudah membangun lebih kurang 25 hektar kolam ikan air tawar dari target 50 hektar yang akan kita bangun " Tegas Najjar Lubis.

Dalam kesempatan ini Kadis Perikanan Pasaman Harat Zulfi juga mengatakan sangat apresiasi dengan usaha yang sudah dirintis oleh Najjar lubis. 

"Pemerintahan Daerah Pasbar melalui Dinas perikanan siap mendukung dan memprogramkan kegiatan-kegiatan pengembangan perikanan di Aek nabirong" katanya.

"Kedepannya dapat dijadikan sebagai pusat kawasan minapolitan atau pusat kawasan pengembangan perikanan terpadu mulai dari hulu sampai hilirnya," harapnya.

"Pengembangan perikanan yang di rintis oleh bapak Najjar lubis itu sangat bagus dan sangat berpotensi untuk pengembangan perikan, Kita akan mendukung dengan penyuluhan" sebutnya.

Selain itu pihaknya juga sangat berterima kasih kepada Syamsul Bahri yang telah mamberikan bantuannya berupa bibit ikan melalui pokirnya, dan juga kepada Dinas perikan Sumatra Barat yang telah memberikan edukasi melalui sosialisasi tentang perikanan kepada masyarakat di Pasaman Barat.

Upaya pemberian bantuan benih ikan ini juga diharapkan mampu meningkatkan semangat para pembudidaya untuk melakukan usaha dan membantu pokdakan yang sedang kesulitan mendapatkan benih ikan bermutu, Kedepannya Kita ajukan lagi pokir atau anggaran daerah APBD Pasbar maupun Kementerian perikanan dan kelautan” ujar Zulfi mengakhiri.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre