Breaking News

Plt. Sekda Mentawai: Peran Pemuda Bukan Hanya Penilai

Foto: Plt. Sekda Mentawai, Rinaldi. Jumat, (28/10/2022).

MENTAWAI. FN- Peran pemuda dalam mempelopori visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 tercatat menjadi sejarah bagi Pemuda Indonesia. Kemudian dikuti dengan rangkaian pergerakan mengantarkan proklamasi kemerdekaan. 

Hingga kini momen sumpah pemuda 28 Oktober 2022 ini, terus menjadi motivasi dan pengingat bagi Pemuda Indonesia. 

Usai menjadi Inspektur Upacara, Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Mentawai, Rinaldi menyampaikan tentang tema hari sumpah pemuda ke 94. 

"Bersatu bangun bangsa itu berarti harus bersatu padu untuk memelihara bangsa, pemuda adalah tulang punggung negara kita, dan merupakan cermin masa depan bangsa," sebut Rinaldi usai upacara bendera di Kantor Sekretariat Daerah Mentawai. Jumat, (28/10/2022). 

Pemerintah daerah (Pemda) mendorong pemuda agar lebih kreatif, inovatif dan kolaboratif. 

Rinaldi menekan agar pemuda mesti berkolaborasi. Artinya, pemuda tidak bergantung kepada Pemerintah, namun mesti mandiri. 

Selanjutnya, Pemuda mesti mampu menciptakan suatu hal bagi kemajuan bangsa. Khususnya, untuk Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Pemuda bukan hanya menilai namun berdiskusi untuk mencari solusi," imbuhnya. 

Pemda Mentawai saat ini berupaya dalam optimalisasi pendapatan daerah (PAD). Maka diperlukan sumbangsih pemuda dalam peningkatan PAD Mentawai. 

Melalui itu lanjut Rinaldi, sebenarnya banyak ruang untuk peningkatan PAD di Mentawai. Salah satunya sumber daya alam Mebtawai disektor perikanan. 

"Kapal dari Jawa, Srilangka dan Vietnam mencari ikan tuna ke Mentawai, artinya mereka tidak memiliki potensi itu yang membuat mereka mesti kesini," jelasnya. 

Pemda Mentawai akan mendorong untuk mengambil peran itu. Tentunya dengan cara memfasilitasi dalam pelatihan persoalan terkait. 

Rinaldi memberi gambaran ruang disektor Pariwisata. Misalkan, adanya Kapal Pesiar berwisata ke Mentawai. Pemuda terdekat dapat mengambil ruang itu . 

"Kapal pesiar kalau ke Mentawai mereka tidak pernah turun, tentu kita mesti mampu mengambil ruang itu," ujarnya. 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre