Breaking News

Pelestarian Seni Budaya Jadi Salah satu Fokus Pemerintah Kab. Agamdalam Wujudkan Daerah Lebih Maju



Agam, Figurnews.com  – Pelestarian seni budaya menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Agam, dalam mewujudkan daerah itu lebih maju.

bahkan Pemkab Agam berkomitmen bagaimana seni budaya terus lestari di daerah itu.

Selain pelestarian melalui grup kesenian yang ada, Pemkab Agam juga mendorong terbentuknya grup kesenian baru disetiap nagari.

Hal ini diaplikasikan langsung oleh Nagari IV Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, dengan membentuk grup seni randai.

Grup seni randai itu diberi nama Palito Mandeh, yang telah diresmikan Bupati Agam melalui Kepala Disdikbud Agam, Isra di lapangan SMAN 1 Palembayan, Jum’at (16/9) malam.

Dimomen itu, Isra menjabarkan visi misi Pemkab Agam tentang memajukan dan pelestarian seni budaya di tengah masyarakat.

“Ini bertujuan bagaimana seni budaya terus semarak dan tetap berkembang, serta tidak memudarnya semangat generasi diera digital sekarang,” ujarnya.

Di samping itu katanya, pengembangan seni budaya juga dapat membentuk karakter dalam melahirkan generasi yang mumpuni di masa mendatang.

Selain seni budaya, Pemkab Agam juga berupaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi generasi.

“Kemampuan seni budayanya kita tingkatkan, tentu agamanya juga kita perkuat. Sebab adat dan agama tidak bisa dipisahkan sesuai filosofi ABS-SBK,” terangnya.

Dalam acara peresmian grup seni itu, juga digelar festival randai se-Kecamatan Palembayan. (Kominfo)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre