Breaking News

Negara-negara NATO untuk meningkatkan pertahanan rudal Ukraina setelah serangan besar-besaran Rusia


Brussels, FIGURNEWS.COM --

Sekutu pimpinan NATO Ukraina telah mengumumkan pengiriman senjata pertahanan udara canggih ke Kyiv, setelah serentetan serangan rudal Rusia.

Persenjataan yang dijanjikan oleh Inggris, Kanada, Prancis dan Belanda termasuk rudal dan radar. AS sebelumnya membuat janji serupa. Satu sistem teknologi tinggi dari Jerman sudah ada di Ukraina.

Janji itu datang saat sekutu Ukraina dari 50 negara bertemu di markas besar NATO di Brussels.

Kyiv memuji KTT itu sebagai "bersejarah".

Ukraina mengatakan Rusia menembakkan lebih dari 100 rudal dan menggunakan lusinan pesawat tak berawak pada Senin dan Selasa, menghantam infrastruktur energi dan target non-militer lainnya.

Setidaknya 19 orang tewas pada hari pertama serangan.

Mereka juga mengakibatkan pemadaman listrik yang meluas dan gangguan pasokan air di sejumlah kota Ukraina. Pihak berwenang di ibukota Kyiv harus menggunakan penjatahan listrik.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan serangan rudal itu merupakan pembalasan atas serangan terhadap jembatan utama yang menghubungkan Rusia dan Krimea - semenanjung selatan Ukraina yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014.

Rusia mengatakan ledakan hari Sabtu diorganisir oleh badan intelijen Ukraina - klaim yang dibantah oleh Kyiv.

Ukraina di peta: Di mana rudal Rusia menghantam?

Inggris akan menyumbangkan rudal pertahanan udara, serta ratusan drone udara untuk mendukung pengumpulan informasi dan kemampuan logistik Ukraina. Ini juga akan menyediakan 18 senjata artileri howitzer selain 64 yang sudah dikirimkan.

"Serangan tanpa pandang bulu terbaru Rusia di wilayah sipil di Ukraina memerlukan dukungan lebih lanjut bagi mereka yang ingin membela negara mereka," kata Menteri Pertahanan Ben Wallace.

"Senjata-senjata ini akan membantu Ukraina mempertahankan langitnya dari serangan dan memperkuat pertahanan rudal mereka secara keseluruhan."

Berbicara setelah pertemuan Brussels pada hari Rabu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan "kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa mereka [Ukraina] mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi efektif".

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Paris akan memasok sistem pertahanan udara ke Ukraina.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi France 2, dia tidak merinci sistem mana yang akan dikirim. Tapi dia mengatakan fungsi utama mereka adalah melindungi penduduk dari drone.

Belanda mengatakan akan mengirimkan rudal pertahanan udara senilai €15 juta (£13 juta; $14,5 juta).

Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren mengatakan serangan Rusia "hanya dapat dipenuhi dengan dukungan tak henti-hentinya untuk Ukraina dan rakyatnya".

Kanada berjanji untuk memberikan bantuan militer senilai lebih dari C$47 juta ($34 juta; £31 juta), termasuk komunikasi satelit dan kamera drone.

Inggris diperkirakan akan segera mengumumkan pengiriman senjatanya.

Sementara itu, militer Ukraina mengumumkan sebelumnya pada hari Rabu bahwa yang pertama dari beberapa "SLM IRIS-T canggih telah dikirim dari Jerman ke Ukraina". Dikatakan sistem pertahanan udara akan membantu melindungi negara "dari teror".

Presiden Zelensky selama berbulan-bulan telah meminta sekutu Ukraina untuk menyediakan sistem pertahanan udara untuk menciptakan "perisai udara" bagi Ukraina.

Dalam pidato videonya pada Rabu malam, pemimpin Ukraina itu mengatakan: "Semakin berani dan kejam teror Rusia, semakin jelas bagi dunia bahwa membantu Ukraina untuk melindungi langit adalah salah satu tugas kemanusiaan terpenting bagi Eropa kami. waktu."

"Saya percaya bahwa kami akan mengatasi tugas ini," tambahnya.

Rusia telah berulang kali memperingatkan sekutu Ukraina agar tidak memasok persenjataan canggih ke Kyiv, menekankan ini akan membuat mereka menjadi peserta perang yang dimulai oleh Putin pada 24 Februari.

Barat menuduh Moskow melakukan serangan senjata nuklir, menyusul serangkaian kekalahan militer Rusia di medan perang.

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre