Breaking News

Muzli M Nur : Warga Pasaman butuh pembangunan infrastruktur angkat perekonomian


Kab. Pasaman, FIGURNEWS.COM --

Anggota DPRD Sumatera Barat Muzli M Nur mengatakan masyarakat Kabupaten Pasaman membutuhkan pembangunan infrastruktur yang layak agar terbebas dari status terisolir dan mampu mengangkat perekonomian di daerah setempat.

Muzli mengatakan beberapa daerah di Kabupaten Pasaman masih ada yang terisolir bahkan untuk menuju tempat tersebut harus menggunakan kendaraan jenis tertentu. 

Anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat itu mengatakan pada jalan-jalan pertanian masyarakat, masih ada yang menggunakan kuda untuk menuju area perkebunan dan persawahan. Kondisi itu terjadi di beberapa kecamatan,  salah satunya Mapat Tunggul Selatan.

Menurut dia infrastruktur yang sangat dibutuhkan itu untuk penunjang ekonomi masyarakat seperti jalan, jembatan hingga irigasi dan mayoritas masyarakat daerah itu menggantungkan hidupnya pada hasil alam. 

"Jika tidak ada sarana yang mendukung maka mereka akan jauh dari kata sejahtera," katanya.

Anggota DPRD Sumbar dari fraksi PAN itu mengatakan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur Kabupaten Pasaman, keuangan daerah tersebut tidak akan sanggup sehingga butuh koordinasi dengan pemerintah provinsi hingga pusat. 

Ia mengatakan kepala daerah harus proaktif  menggaet dana-dana pembangunan, begitupun kepada daerah yang memimpin Kabupaten Pasaman selanjutnya. 

Ia menilai kondisi yang sama juga terjadi di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang juga membutuhkan infrastruktur layak juga menjadi pekerjaan rumah pemerintah daerah itu. 

Meski dalam kesulitan, Pasbar cukup terbantu dengan adanya investor yang menanamkan modalnya untuk membuka pabrik-pabrik pada daerah itu. 

"Jadi jalan-jalan tani yang ada di Pasaman barat cukup terbantu oleh jalan operasional yang dibuat oleh perusahaan yang ada di sana. Meski masih jalan beton namun itu cukup untuk masyarakat karena perusahaan itu beroperasi maka kepala daerah hendaknya melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan agar jalan itu bisa ditingkatkan setiap tahun," katanya.

Dia mengatakan koordinasi masyarakat dengan pemerintah harus ditingkatkan mengingat potensi Pasbar cukup bagus. Potensi-potensi daerah harus dioptimalkan, sehingga daerah-daerah terisolir bisa dihilangkan. Dengan akses yang bagus akan berdampak juga terhadap meningkatnya ekonomi.

" Jadi  pembangunan infrastruktur, lanjutnya, untuk Pasaman dan Pasaman Barat harus ada perhatian lebih karena banyak yang mesti diperbaiki," katanya.(Rls)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre