Breaking News

Mike, Owner Red Collection : Hobi Arwana Super Red, Mendatangkan Cuan Hingga Puluhan Juta


Jakarta, FIGURNEWS.COM --

Arwana Super Red, ikan hias endemik khas Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang Langka dan terancam Punah. Sabtu (15/10/2022)

Adapun jenis-jenis ikan arwana yaitu Arwana silver merupakan jenis yang berasal dari Brasil, Arwana hijau dari Kalimantan Barat, dan arwana emas berhabitat di Sumatera dan Malaysia, serta arwana merah atau arwana super red atau akran disebut ikan silok dari Kapuas Hulu, Indonesia ini termasuk salah satu dari daftar spesies ikan arwana yang terancam punah dari data International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Budi daya pengembangbiakan ikan arwana super red ini terbilang unik dan sulit dari 6 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun baru bisa beranak, serta keunikan ikan arwana super red ini dimana Ikan ini juga memiliki kepala agak bulat dan besar, bila dibandingkan arwana brasil yang lonjong dan kecil, warna merah anggun yang mencolok, serta gerakannya yang anggun dan jalannya yang berkelok-kelok, sehingga sangat indah untuk dilihat. Niscaya,  menikmati ikan arwana super red berenang ini dapat mengurangi stres.

Senada dengan itu, Owner Red Collection, Michael ditemui awak media di Pameran KALIKAN EXPO 2022 di JIExpo Kemayoran mengatakan bahwa Indonesia banyak harta karun.

"Sebenarnya dari kita food station of Indonesia ini menyatakan bahwa di Indonesia itu sebenarnya kita punya harta karun loh yang hanya diproduksi di Indonesia, kita ingin memperkenalkan super red Arwana, dari ikan arwana ini diharapkan semakin banyak pehobi yang muncul ya di doktor market ya dan juga kedepannya ke luar negeri semakin terkenal dan juga kebutuhan hari ini dihadiri oleh menteri kelautan," kata Mike.

Lebih lanjut Mike berharap adanya kolaborasi dengan Kementrian Kelautan,

"Saya sangat mengharapkan kedepannya nanti kita bisa bersinerg 

bersama untuk mencapai penjualan yang maksimal di wilayah luar negeri Karena hingga saat ini penjualannya masih sangat minim untuk di luar negeri pastinya ini hasil dari penangkaran karena kalau dari tangkapan secara langsung tidak boleh ya karena sudah banyak di dilarang di situs-situs," sambung Mike.

Mike mengungkapkan bisnis ikan arwana super red ini tidak tergolong mudah dan sudah ditekuni 15 tahunan yang sekarang mendapatkan rejeki melimpah,

"Sekarang ini sudah banyak farm-farm (jenis Arwana Super Red) yang bermunculan di Kalimantan Barat walau budidayanya yang agak sulit, namun dengan tekun saya sudah memulai usaha ini dari sejak saya lulus kuliah hingga saat ini ya jadi sudah sekitar 15 tahunan saya menggelutinya sehingga tetap exist (bertahan) hingga saat ini bahkan mendatangkan Cuan," imbuhnya.

Mike menjelaskan bahwa Ia memilih menekuni hobi berinvestasi di bidang ikan Arwana khususnya Jenis Super Red ini dikarenakan nilai jualnya yang cenderung stabil bahkan tidak pernah turun melainkan naik harganya sesuai jenis dan kualitas ikannya,

"Kita enggak ngomongin ikan jenis lainnya tetapi dari tahun ke tahun harga ikan Super Red Arwana ini cenderung stabil ya bahkan naik, yang tidak pernah turun harganya (nilai ekonomisnya) dan  sebenarnya ikan arwana ini sudah ditetapkan sebagai raja ikan di Nias ya dan ada suratnya harga kita sesuai harga pasaran dan untuk sertifikat tentu kita ada sertifikatnya," jelas Mike.

Adapun Mike mengungkapkan kriteria harga dari jenis ikan Arwana Super red yang dijualnya,

"Untuk harga beragam sesuai dengan warna dan bentuk badan corak serta juga dinilai dari prestasi ikan arwana ini serta kehokian dari ikan arwana tersebut," ungkap Mike.

Puncaknya, Mike Mengatakan bahwa sudah banyak perlombaan digelar untuk jenis ikan Arwana Super Red ini berdasarkan kriterianya,

"Untuk kriteria penilaian lomba ikan arwana terutama jenis Super Red Arwana ini, setiap tahun diadakan lomba 2 kali setahun, tetapi mulai tahun 2023 mendatang ini akan diadakan di 11 kota-kota besar dan dikota - kota lain seperti di Sumatera, Palembang, Semarang, dan kota-kota besar lainnya. Disamping itu, dilihat dari anatomi ikan tersebut apakah siripnya panjang, ekornya lebar serta kadar warnanya merahnya," pungkas Mike, Owner Red Collection. Br

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre