Breaking News

Meningkatkankan Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mengenal Angka Melalui media Loose Part di TK.Harapan Bunda Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau


Kampar, Figurnews.com- 

     Loose part adalah bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang dan dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara.

       Loose part menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktivitas pembelajaran dan mengundang kreativitas peserta didik, loose part merupakan media bahan ajar yang kegunaan nya dalam pembelajaran peserta didik tidak pernah ada habisnya juga bahan ajar loose part dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi berbagai aspek : Pemecahan masalah, kreativitas, konsentrasi, motorik halus, motorik kasar, sains (sience), pengembangan bahasa (literasi), seni (art),logika berpikir matematika ( math ), teknik ( engineering), dan teknologi ( technologi ).

        Komponen Loose Part yang dapat digunakan untuk pembelajaran sangat bervariasi meliputi bahan alam atau bahan-bahan yang dapat ditemukan dialam ( batu, daun, biji-bijian, pasir, dan lain-lain ), plastik ( sedotan, botol plastik, tutup botol, dan lain- lain ), logam ( kaleng, sendok aluminium, dll ), kayu dan bambu ( balok, kepingan puzzle, dll ), benang dan kain ( aneka kain dan benang ), kaca dan keramik ( botol kaca, manik - manik, kelereng dll ), serta bekas kemasan ( kardus, gulungan,benang, karton wadah telur, dll ) ( Yuliati Sintiajani : 2020 )

       Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran mengenal angka adalah 

bahan - bahan alam yang ada disekitar anak seperti daun,biji - bijian. dari bahan tersebut dapat meningkatkan aspek NAM seperti menanyakan siapa yang menciptakan daun dan biji - bijian yang digunakan dalam kegiatan. Kegiatan yang dilakukan dapat meningkatkan aspek kognitif anak melalui kegiatan menghitung buah para ( biji karet ) dan mengelompokkan biji karet sesuai dengan angka, meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak dalam kegiatan menempel angka diatas daun karet, kemampuan bahasa dalam kegiatan menyusun huruf menjadi kata, meningkatkan kan kemampuan sosial emosional anak bertanggung jawab menyelesaikan tugas tanpa dibantu oleh guru, meningkatkan kemampuan seni melalui kegiatan membuat mahkota dari daun.

Penulis : Siti Aminah,S.Pd , TK.Harapan Bunda Desa Simpang Petai Kec. Rumbio Jaya, Kab.Kampar, Prov Riau

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre