Breaking News

Mantan Narapidana Eks Koruptor Nyaleg,MAKI : Sebaiknya Masyarakat Jangan di Pilih



Palembang, Figurnews.com,-

Mantan Koruptor ikut menjadi calon anggota legislatif kembali pada Pemilihan Legislatif 2024. 

Deputi Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Feri Kurniawan di dampingi Boni Belitong menghimbau agar masyarakat untuk tidak memilihnya.

"Sebaiknya masyarakat tidak usah dipilih, karena kita khawatirkan perbuatan buruknya akan terulang lagi,"katanya, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, Mantan Napi Koruptor kalau partai kembali mencalonkan sebagai anggota Legislatif akan menjadi Pertanyaan besar.

"Kami menduga Partai tersebut minta bantuan Finansial dari caleg tersebut,"ucapnya

Ia meyakini Mantan Napi Koruptor jika dia mencalonkan lagi, dan terpilih tidak menutup kemungkinan perbuatan akan terulang lagi.

"Kalau dia terpilih kembali, Kita khawatir dia akan mengulangi perbuatannya,"ujarnya

Namun tambah dia, Jika mantan Napi yang kelalaian dalam bertugas apa salahnya Partai untuk mempertimbangkan nya kembali.

"Kalau si caleg ini Mantan Napi Koruptor tapi dia bukan Pelaku dan sesuai keputusan pengadilan apa salahnya dipertimbangkan. Karena ada perbedaan antara pelaku Korupsi dengan Kelalaian,"tambahnya 

Memang kata dia,Undang-undang tentang pemilihan legislatif membolehkan mantan narapidana kasus korupsi untuk mencalonkan diri, dengan syarat mengumumkan secara terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipenjara.

Namun putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 56 Tahun 2019 mengharuskan mantan narapidana kasus korupsi menunggu lima tahun sebelum bertarung dalam Legislatif. Sejatinya, jeda lima tahun kini untuk calon anggota legislatif diatur oleh peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tetap saja saya tidak bisa meyakini kalau mantan Koruptor tidak mengulangi perbuatannya,"jelasnya

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre