Breaking News

KPU Mentawai Verifikasi Faktual 6 Parpol

Foto: Ketua KPU Mentawai, Eki Butman (tengah) bersama Divisi Perencanaan data dan Informasi, Dewi Purnama (kanan), Divisi Hukum dan Pengawasan, Maria Delvi Yanti. Rabu, (19/10/2022).

MENTAWAI. FN- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kepulauan Mentawai melaksanakan verifikasi faktual terhadap 6 Partai Politik (Parpol) di Mentawai. 

Tahapan verifikasi faktual ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari verifikasi administrasi Parpol waktu lalu. 

Verifikasi faktual dilakukan untuk parpol yang memenuhi syarat menjadi peserta pemilu 2024 mendatang. Hal itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022. 

Menurut Ketua KPUD Mentawai, Eki Butman bahwa terdapat 6 Parpol yang melaksanakan verifikasi faktual di Kepulauan Mentawai. 

Keenam Parpol itu adalah Partai Garuda, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Buruh. 

Sesuai Peraturan KPU tersebut, verifikasi faktual dilaksanakan dari 18 Oktober sampai 4 November 2022. Selanjutnya diakumulasi sebagai peserta pada 14 Desember 2022 mendatang. 

"Terdapat 18 Parpol yang dinyatakan KPU RI lolos dari verifikasi administrasi waktu lalu," ujar Eki Butman saat ditemui figurnews.com di Kantor KPUD Kepulauan Mentawai, Jl. Raya Tuapeijat Km-07, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara. Rabu, (19/10/2022). 

Ia menjelaskan, dari 18 Parpol itu terdapat 9 Parpol yang melaksanakan verifikasi faktual yaitu, Partai Bulan Bintang, PSI, Perindo, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Kebangkitan Nasional, dan Partai Hanura. 

Dikatakannya kategori Parpol melaksanakan verifikasi faktual itu adalah Parpol yang baru mengikuti Pemilu pada tahun 2019 dan Parpol Baru. Untuk Kepulauan Mentawai, terdapat 6 Parpol masuk kategori tersebut. 

Adapun rinciannya, 4 Parpol peserta Pemilu 2019 lalu yaitu, Perindo, Hanura, Garuda dan PSI. Sedangkan 2 Parpol baru itu adalah PKN dan Partai Buruh. 

Sementara itu terdapat 3 kategori verifikasi faktual yang di lakukan KPU yakni, verifikasi faktual kepengurusan, kantor dan keanggotaan. 

"Kita akan pastikan KSBnya atau ketua, sekretaris dan bendahara, apakah sesui dengan lapangan, dan apakah ada keteribatan perempuan 30 persen," terang Ketua KPU itu. 

Selanjutnya tim verifikator memastikan keberadaan kantor partai seperti adanya papan nama, bendera dan alat perlengkapan pendukung. Kemudian Verifikasi faktual keanggotaan partai politik dilakukan untuk membuktikan kebenaran dan keabsahan keanggotaan partai politik. 

"Kita akan cek identitas diri seperti KTP dan identitas partai seperti KTA, kemudian kita sesuikan dengan fakta yang ada di lapangan," imbuhnya. 

Untuk verifikasi faktual keanggotaan pihaknya memulai kegiatan pada Kamis, 20 Oktober hingga 04 November 2022 mendatang. 

Apabila ditemukan ketidak absahan dari verifikasi itu, pihaknya menyampaikan kepada pengurus partai terkait.  

Pengurus partai memfasilatasi tim Verifikator untuk membuktikan kepengurusan melalui media elektronik seperti via whatshaaps maupun via zoom meeting. 

"Namun KPU tetap melaksanakan tahapan door to door terlebih dahulu," papar Ketua KPU itu. 

Usai tahapan verifikasi faktual pada 04 November 2022 itu, KPU masih memberi waktu verifikasi faktual perbaikan. Namun waktu pelaksanaannya masih menunggu petunjuk teknis KPU RI. 

Wartawan : Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre