Breaking News

Ketua KPU Provinsi Riau Beri Arahan dalam Acara Bimtek Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik


Riau, Figurnews.com-  Kabupaten/Kota harus satu pemahaman soal regulasi dalam melakukan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik calon Peserta Pemilu Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober s.d. 4 November 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir, saat memberikan arahan dalam acara pembukaan Bimbingan Teknis Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik calon Peserta Pemilu kepada KPU Kabupaten/kota se- Provinsi Riau, di Hotel Arya Duta, Pekanbaru, Rabu (11/10/2022).

Ilham menjelaskan bahwa kegiatan verifikasi faktual yang akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/kota nantinya mengacu ke Peraturan KPU (PKPU) No. 384 tentang Perubahan Atas Peraturan KPU No. 260 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024.

Dalam peraturan tersebut, yang akan difaktualkan antara lain kepengurusan, keterwakilan perempuan, dan domisili kantor serta keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu Tahun 2024 di tingkat kabupaten/kota. 

Dalam tata caranya KPU Kabupaten/Kota akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada Partai Politik mengenai jadwal kedatangan terkait pelaksanaan kegiatan verfak kepengurusan, dan meminta pengurus parpol untuk menunjukkan identitas berupa KTP-el atau KK dan KTA. 

“Disinilah KPU Kabupaten/kota diminta agar cermat dalam melaksanakan verfak. Sebelum turun ke lapangan, segala administrasi dan formulir atau lembar kerja harus sudah disiapkan dengan baik. Untuk mencegah kekeliruan dan pelanggaran administrasi dalam tahapan verifikasi faktual persyaratan Parpol  calon peserta pemilu,” tegas Ilham. 

Sementara untuk pelaksanaan Verifikasi Faktual Keanggotaan Parpol, KPU Kabupaten/Kota akan menerima sampel keanggotaan Partai Politik dari KPU RI melalui Sipol. KPU Kabupaten/Kota melakukan Verifikasi Faktual keanggotaan Partai Politik berdasarkan sampel yang diterima dari KPU RI.

“Verifikasi Faktual keanggotaan untuk membuktikan kebenaran identitas dan status keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu. Dengan cara mendatangi tempat tinggal anggota Partai Politik yang telah ditentukan berdasarkan hasil penghitungan jumlah sampelnya,” jelas Ilham.

Acara yang ditaja KPU Provinsi Riau ini berlangsung dari tanggal 11  s.d. 13 Oktober 2022. Di ikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari Anggota KPU dari Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Divisi Hukum dan Pengawasan, Kasubbag Teknis Penyelengaraan Pemilu dan Admin/operator dari 12 KPU Kabupaten/Kota se- Provinsi Riau. 

Dalam kegiatan tersebut tampak juga hadir Anggota KPU Provinsi Riau, Divisi Teknis Penyelengaraan Pemilu, Jhoni Suhedi, Divisi Hukum dan Pengawasan, Firdaus serta Sekretaris KPU Provinsi Riau Dra. Sri Lestariningsih, M.Si.

Sementara dari KPU Kabupaten Kampar dihadiri Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Ahmad Dahlan, SE.,M.E.Sy, Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhibuddin Akhmad, S.Ud.M.Ag, Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Fitri Andriani, S.Ikom, M.Si, dan Operator  Algazali, S.Ip. (Adi Jondri)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre