Breaking News

Peringati Hari Jadi Pemprov Sumbar ke - 77 di DPRD Sumbar, Mars Sumbar Berkumandang dan Dihadiri Lansung Muhammad Jusuf Kala



PADANG, FIGURNEWS.COM- 

Dalam rangka memperingati hari jadi pemprov Sumbar ke - 77 di gedung DPRD Sumbar, berbagai kegiatan digelar untuk mendukung memeriahkan acara. Ada hal yang sangat menarik pada peringatan hari jadi Pemrov Sumbar tahun ini. Hal tersebut yaitu, untuk pertama kalinya, Mars Sumatera Barat berkumandang di acara resmi pemerintah daerah. 

Mars tersebut dikumandangkan dalam rapat paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (1/10/2022).


 
Para undangan dan tokoh masyarakat serta pejabat terkait sangat mengapresiasi dikumandangkannya Mars Sumbar. Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi menyebutkan, Mars Sumatera Barat ditetapkan berdasarkan yang telah ditetapkan pada tanggal 13 Juni 2022 lalu. Diharapkan, mars  tersebut menjadi penyemangat untuk membawa daerah ke arah yang lebih maju ke depan.
 
"Berdasarkan Perda yang telah ditetapkan tersebut maka hari ini dalam momen istimewa ini Mars Sumatera Barat secara resmi dikumandangkan,"kata Supardi.



 
Dia menjelaskan, Perda Mars Sumatera Barat merupakan produk hukum daerah yang menjadi usul prakarsa DPRD. Tim Pembahas Perda tersebut adalam Komisi V.
 
juga diserahkan penghargaan kepada pencipta lirik Mars Sumatera Barat B. Andoeska serta beberapa tokoh lainnya dari berbagai unsur.



 
Terkait HJP Sumatera Barat, Supardi menjelaskan, penetapan tanggal 1 Oktober 1945 sebagai hari jadi telah ditetapkan melalui peraturan daerah pada tanggal 22 Juli 2019 lalu.
 
Menurut sejarah, 1 Oktober 1945 adalah terbentuknya keresidenan Sumatera Barat seiring dengan pengambilalihan kekuasaan dari tangan Jepang. Pengambilalihan itu dimotori oleh M. Syafei, Dr. M. Djamil dan Rasuna Said yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Barat pada masa itu.



 
Dalam rapat paripurna istimewa tersebut, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi berharap, momentum bersejarah itu menjadi pemacu gerak menuju pemulihan dan kebangkitan ekonomi ke depan.
 
Menurut Mahyeldi, setelah dua tahun dilanda pandemi, Sumatera Barat mengalami keterpurukan ekonomi sama seperti daerah lain pada umumnya. Seiring langkah pemerintah pusat, maka pemerintah provinsi juga harus pulih dan bangkit agar perekonomian kembali membaik sehingga tujuan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai.


 
Ia menyebutkan, tahun ini merupakan persiapan menuju Visit Beatiful West Sumatera 2023. Pariwisata Sumatera Barat akan dijadikan "komoditi"baru untuk menggenjot perekonomian daerah. 
 
"Melalui momen hari jadi tahun ini, mari kita persiapkan diri menuju Visit Beautiful West Sumatera 2023 di mana pariwisata akan menjadi unggulan baru perekonomian daerah,"ajak Mahyeldi. 


Rapat paripurna istimewa tersebut dihadiri juga terdiri dari utusan daerah dari Kabupaten dan Kota, diantaranya  anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Barat serta anggota DPR RI asal Sumatera Barat. Selain itu juga dihadiri oleh Gubernur Jambi, bupati dan walikota se-Sumatera Barat dan tokoh-tokoh masyarakat.
 



Mars Sumatera Barat
Ciptaan B. Andoeska
 
Sumatera Barat persada hamba 
Ranah pusaka bunda 
Tumpah darah para pejuang nan gagah pendiri dan proklamator bangsa 
 
Ranah nan indah ranah nan ramah hamparan zamrut katulistiwa 
Gemulai flora gemuruh ombak samudra menarik menari s’luruh hamba 
 
Hai upik dan buyung pewaris negeri 
lestarikan budaya jaga pusaka 
Teruka jiwanya teruka raganya 
Tungku tigo sajarangan genggam amanah 
 
Tuah sakato buhul tali rasa 
Tiada gunung tinggi tiada lurah dalam 
Ranah pesona satu Nusantara Bhakti hamba sembahkan.

Setelah dikumandangkan dengan diiringi alunan music, Mars Sumbar mampu menyulap kondisi Rapat Paripurna menjadi lebih bermakna dan memberikan nuansa semangat baru bagi setiap orang yang hadir dalam ruangan tersebut. 

Hari Jadi Pemprov Sumbar ke - 77 Dihadiri lansung oleh Muhammad Jusuf Kala, Wakil Presiden RI Ke - 10 dan 12.



Kedatangan Wakil Presiden RI ke - 10 dan ke - 12 tersebut disambut oleh Ketua DPRD Sumbar, Gubernur Sumatera Barat beserta wakil dan jajaran pejabat tinggi. Muhammad Jusuf Kala datang bersama rombongna dan lansung disambut dengan lantunan musik dan tari adat tradisional minangkabau di halaman kantor DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Setelah selesai acara sambutan di halaman gedung, acara dilanjutkan dengan agenda Rapat Paripurna Istimewa. Wakil Presiden RI ke - 12 tersebut lansung menuju ke dalam gedung DPRD Sumbar dan didampingi Ketua DPRD Sumbar, Gubernur Sumbar beserta wakil serta jajaran menuju ruang rapat paripurna dalam rangka  Peringatan Hari Jadi Pemprov Sumbar ke - 77.  



Melalui kata sambutan, Muhammad Jusuf kala menyampaikan bahwa  masyarakat Sumbar yang lebih terkenal dengan sebutan urang minang memiliki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus dan unik. Hal ini menjadikan Sumbar memiliki potensi yang lebih besar untuk maju melalui peningkatan sumber daya manusia. Sehingga SDM Sumbar dapat djadikan modal utama dalam membangun daerah kedepannya. 


 " Dengan memperingati hari jadi Pemprov Sumbar ke - 77, diharapkan masyarakat sumbar agar selalu memiliki pikiran - pikiran dan usaha yang baik untuk lebih maju daripada saat ini" ucap Jusuf Kala. 

Selain itu, menurut Muhammad Jusuf Kala, orang minang memiliki ciri tertentu yang membuat laki -laki minang terkenal sebagai perantau dan pedagang yang sukses di luar sumbar.  sesuai dengan sifat orang minang yan memiliki keinginan yang kuat untuk sukses. Salah satu upaya besar yang dilakukan orang minang adalah berdagang atau berwirausaha di daerah luar Sumbar. Hal tersebut membuat laki - laki minang memiliki mental yang kuat dan jwa kepemimpinan yang bagus. 



Diakhir sambutan, Wakil Presiden Ri ke - 12 tersebut berharap semoga ke depan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Sumbar dapat membangun daerah yang maju dan berkembang. Namun, hal tersebut harus diwujudkan dengan bersama - sama. Pada sesi pemberian penghargaa, Jusuf Kala juga memberikan penghargaan kepada insan seni Sumbar atas karya yang luar biasa, sehingga mejadi contoh bagi masyarakat lainnya. 

(Adv/*)
 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre