Breaking News

KAPUSDOKKES POLRI RESMIKAN SOFT OPENING RS BHAYANGKARA PRESISI POLDA GORONTALO

 


Gorontalo, Figurnews.com - Polda Gorontalo, Kapusdokkes Polri Irjen Pol Dr. Asep Hendradiana bersama Karo Kespol Pusdokkes Polri dan Wakarumkit Bhayangkara tingkat I menghadiri langsung sekaligus meresmikan Soft Opening Rumah Sakit Bhayangkara yang terletak di Jalan Runi S. Kabili Desa Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Senin (10/10/2022). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika,S.H., SIK.,M.Si, Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer, Ketua DPRD Provinsi, serta unsur Forkopimda lainnya, Wakapolda, Irwasda dan PJU Polda Gorontalo, Bupati Gorontalo, serta stakeholder Biddokkes Polda Gorontalo.

Dalam sambutannya, Kapusdokkes Polri Irjen Pol Dr. Asep Hendradiana menjelaskan bahwa, Pusat kedokteran dan kesehatan Polri sebagai pembina fungsi dan memberikan dukungan kedokteran Kepolisian pada operasional Kepolisian dan kesehatan Kepolisian. Rumah sakit bhayangkara merupakan unit pelaksana teknis/UPT Pusdokkes selaku pembina fungsi teknis kedokteran Kepolisian dan kesehatan Kepolisian.

“Tugas Pokok Rumah Sakit Polri berdasarkan peraturan Kapolri No. 11 tahun 2011 tanggal 30 juni tahun 2011 tentang susunan organisasi dan tata kerja rumah sakit bhayangkara Kepolisian RI adalah menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan Kepolisian untuk mendukung tugas operasional Polri dan pelayanan kesehatan Kepolisian bagi pegawai negeri pada Polri dan Keluarganya serta masyarakat umum secara prima,”tutur Kapusdokkes

Dikatakan bahwa, Rs. Bhayangkara Polda Gorontalo ini adalah salah satu Rumah Sakit milik Polri yang merupakan satu-satunya rumah sakit dalam lingkup pelayanan kesehatan di wilayah Gorontalo.

“Dalam perkembangannya Rs. Bhayangkara Polda Gorontalo akan terus meningkatkan mutu dan jenis pelayanan kesehatan dengan menambah fasilitas pelayanan berupa Traumatic Incident center serta medicolegal Forensik yang akan menjadi salah satu fasilitas unggulan,”jelas Irjen Pol Asep

Lebih lanjut Asep mengatakan bahwa, Rumah Sakit ini juga akan memberikan pelayanan kesehatan meliputi dokter spesialis bedah, spesialis bedah mulut, spesialis anesthesi Spesialis OBGYN, spesialis penyakit dalam, spesialis penyakit anak, spesialis radiologi dan spesalis patologi klink.

“Untuk mendukung pelayanan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Gorontalo juga menyediakan peralatan penunjang seperti instalasi radiolpgi, instalasi laboratorium, dan instalasi farmasi buka 24 jam,”lanjutnya

Irjen Pol Dr. Asep Hendradiana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan Rs. Bhayangkara Gorontalo.

“Semoga Rs. Bhayangkara Gorontalo dapat mewujudkan pelayanan kedokteran kepolisian dan kesehatan kepolisian yang profesional dan modern sehingga dapat meraih kepercayaan anggota Polri dan keluarga serta masyarakat umum demi mendukung tercapainya jaminan kesehatan,”Kata Asep.

Sebelumnya, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Helmy Santika, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa sejak 20 tahun berdiri tepatnya tahun 2001 s/d 2021 Polda Gorontalo belum memiliki fasilitas Rumah Sakit yang diperuntukan dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada personil Polda Gorontalo, adapun yang ada pada saat itu hanya bersifat pemeriksaan awal dan belum melakukan perawatan-perawatan rawat inap, sehingga personil Polda Gorontalo yang sakit dan membutuhkan rawat inap akan di rujuk ke Rumah Sakit Umum.

“Setelah melalui perencanaan yang matang pada tahun 2020 Mabes Polri memberikan persetujuan terhadap perencanaan RS. Bhayangkara Gorontalo dan disetujui oleh Mentri Keuangan RI melalui anggaran Dipa Polda Gorontalo sebesar Rp. 78.653.044.000, baik untuk konstruksi, bangunan dengan luasan lahan 3,1 Hektar, maupun untuk sarana prasana pendukung operasional lainnya, yang pada saat ini tahapannya telah selesai, bahkan telah beroperasional dan telah mampu memberikan pelayanan terbaik bagi perjalanan rawat jalan maupun rawat inap, sedangkan untuk pelayanan spesialis yang berjalan baru 4 yaitu spesialis kandungan spesialis penyakit dalam, spesialis anak dan spesialis bedah umum, “kata Helmy.

Pembangunan Rs. Bhayangkara ini, lanjut Kapolda Helmy Santika, merupakan implementasi dari konsep Kapolri yaitu transformasi menuju Polri yang PRESISI pada bidang organisasi. Di program menjadikan SDM Polri yang unggul di era Police 4.0 tepatnya perwujudan dari kegiatan peningkatan pelayanan kesesahat (yankes) yang memadai sampai di wilayah terpencil.

“Tentunya diharapkan dengan berjalannya waktu Rs. Bhayangkara Gorontalo terus meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya sehingga dapat memberikan peningkatan mutu kesehatan personil Polda Gorontalo dan keluarga serta masyarakat Provinsi Gorontalo,”ungkapnya

Sementara itu Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer dalam kesempatan itu mengharapkan rumah sakit Bhayangkara Gorontalo dapat menambah fasilitas pelayanan kesehatan serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.
“Kedepan saya berharap akan ada satu layanan unggulan di RS Bhayangkara ini sehingga akan mengurangi jumlah kasus rujukan ke luar daerah karena kita tahu bersama di Gorontalo ini banyak masyarakat yang sakit dan harus di rujuk ke daerah lain,” harap Hamka. (*)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre