Breaking News

KAN Ujunggading Raih Peringkat Dua se Sumbar

Pasbar, Figurnews.com

Kerapatan Adat Nagari (KAN) Ujung Gading keluar sebagai terbaik dua se Sumatera Barat dalam lomba penilaian KAN tahun 2022 ini. Pengumuman juara tersebut berdasarkan kepada Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 410-754-2022.

Ketua KAN Ujunggading, Antonius SH menyampaikan KAN Ujunggading  setelah memenuhi persyaratan dan seleksi pada tingkat Kabupaten Pasaman Barat menjadi utusan mewakili Pasbar untuk lomba KAN Terbaik di tingkat Propinsi Sumatera Barat.

"Penilaian dengan indikator Penulisan Ilmiah tentang peran Adat pada pemerintah, instansi vertikal dan masyarakat yang daftar isian bagan sudah ditentukan oleh Dinas Pemberdayaan Nagari dan desa Tingkat I Propinsi Sumbar dan termasuk keberadaan pemangku adat dan seni budaya kearifan lokal masyarakat adat" katanya 

Dari seluruh KAN se Sumbar diambil enam besar terbaik dan KAN Ujunggading Pasbar termasuk dalam 6 besar. 

Selanjutnya diadakan kunjungan kedaerah oleh Tim konsolidasi penilaian KAN Terbaik tahun 2022  Propinsi Sumbar untuk melihat kelapangan dan Representasi dari tulisan llmiah tentang adat. 

Setelah dari 6 KAN terpilih tingkat propinsi, maka KAN Ujung gading  masuk babak penilaian final dengan KAN dari kota Padang. 

Setelah penilaian dari Tim penilai propinsi , maka Keluarlah SK Gubernur sumbar diatas bahwa KAN Ujunggading memperoleh terbaik II KAN TK  I SUMBAR setelah dikalahkan KAN dari kota padang. 

"Alhamdulillah, Kita bersyukur KAN ujung gading sudah membawa Pasbar pada propinsi menjadi KAN TERBAIK II TK PROPINSI SUMBAR THN 2022" pungkas Antonius.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Randy Hendrawan, bahwa dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi Kerapatan Adat Nagari (KAN) sebagai organisasi Ninik Mamak (Penghulu) yang bertujuan memasyarakatkan nilai-nilai adat ditengah-tengah kehidupan masyarakat telah dilakukan penilaian terhadap Kerapatan Adat Nagari (KAN) di tingkat Provinsi Sumatera Barat oleh tim penilai beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah, KAN kita Ujung Gading sebagai terbaik 2 di Sumbar berdasarkan SK yang disampaikan kepada kita. Untuk itu, selamat kepada KAN Ujung Gading yang telah menyiapkan secara maksimal dalam mengikuti lomba,"kata Randy Hendrawan.

Ucapan terimakasih lanjut Randy Hendrawan juga disampaikan kepada bupati, wakil bupati yang telah mendukung kegiatan lomba KAN tingkat Sumbar tersebut. Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan lomba penilaian KAN Ujung Gading tingkat Sumbar.

Ia melanjutkan, dengan adanya penilaian KAN ini memperlihatkan jalannya organisasi KAN dan bagaimana penyelenggaraan KAN sesuai adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. 

"Ini merupakan program unggulan Gubernur Sumbar. Aspek penilaian meliputi aspek kelembagaan, aspek penyelenggaraan adat, aspek kompetensi, serta aspek kerjasama antar lembaga. Program ini juga di dukung oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat di bawah kepemimpinan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto,"ujar Randy Hendrawan.

Ia menambahkan dengan adanya penilaian KAN Ujung Gading tersebut, dan keluar sebagai pemenang nomor 2. Bisa memotivasi KAN nagari lainnya di Pasbar. 

"Karena KAN adalah lembaga perwakilan permusyawaratan dan permufakatan adat tertinggi, yang telah ada dan diwarisi secara turun temurun di tengah-tengah masyarakat nagari di Sumatra Barat,"katanya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre