Breaking News

Festival Pesona Budaya Pangian dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra

Tanah Datar, Figurnews.com - Diawali dengan menghidupkan api randang baluik (rendang belut) yang merupakan masakan tradisional khas nagari Pangian dan pelepasan balon ke udara, Festival Pesona Budaya Pangian dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra. 

Acara yang diselenggarakan di komplek kantor camat Lintau Buo, Sabtu (15/10/2022) itu juga dimeriahkan dengan penampilan tari Ghondang Boluik dan prosesi adat Mani-manisi  yang biasa dilakukan ketika anak baru lahir dengan tujuan agar anak tersebut kelak berperilaku baik. 

Selain itu, festival Pesona Budaya Pangian juga dimeriahkan dengan adanya arakan pawai budaya, arakan pawai 1.000 Kucuik, marandang baluik, penampilan silek lintau (Pangian), Pangian Fashion Street, pasar kuliner, pameran UMKM, penampilan seni anak nagari, lomba tari tunggal dan juga lomba solo song. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengawali sambutannya pada pelaksanaan Festival Pesona Budaya Pangian yang merupakan rangkaian ke 11 dari program unggulan Satu Nagari Satu Event mengatakan bahwa dirinya sangat surprice karena acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat dan juga turis mancanegara.

Bupati juga mengatakan sangat bahagia, sekaligus terharu karena apa yang menjadi mimpi dari program unggulan ini sudah mulai terlihat hasilnya. 

"Kami memimpikan melalui program Satu Nagari Satu Event ini seluruh elemen nagari bersatu untuk melestarikan kebudayaan, ada ruang kreatif dan panggung untuk anak muda nagari disana, dan Saya bangga karena para pemuda disini ikut berperan aktif dalam mensukseskan Festival Pesona Budaya Pangian ini," kata Eka Putra. 

Bupati berharap, dengan adanya event ini dapat menggali potensi kearifan lokal yang merupakan kekayaan nagari untuk dilestarikan dan diwariskan ke anak cucu nantinya. 

"Dengan adanya event ini semoga anak-anak kita kembali termotivasi untuk mempelajari kearifan lokal nagari. Kita bisa melihat kembali berbagai potensi nagari Pangian, berbagai makanan khas serta keseniannya," sampai Bupati. 

Lebih jauh disampaikan Eka Putra, bahwa nagari Pangian juga merupakan salah satu nagari unggulan Kabupaten Tanah Datar yang akan dikembangkan oleh pemerintah daerah terutama pada sektor pariwisatanya, sejarah juga UMKM serta berbagai potensi lainnya. 

"Nagari Pangian ini memiliki banyak potensi seperti ngalau Pangian, gedung controlleur yang merupakan bangunan peninggalan dari zaman kolonial Belanda, juga berbagai potensi lainnya yang spesifik, yang bisa kita promosikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambah Eka.

Sebelumnya Wali Nagari Pangian Abdul Wazid menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat progul Satu Nagari Satu Event. 

"Dengan adanya program ini, banyak adat dan budaya nagari yang selama ini hilang kini muncul kembali. Ke depan melalui program ini insya allah kami tidak akan ada lagi mengkhawatirkan adanya budaya yang hilang," sampainya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre