Breaking News

EKA PUTRA : SEORANG PEMIMPIN HARUS BERANI DALAM BERSIKAP DAN BERTINDAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Dalam rangka mewujudkan organisasi pemuda yang maju, mandiri dan profesional Bupati Tanah Datar Eka Putra mendukung program pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat melalui dana pokir anggota DPRD Sumbar Arkadius Dt. Intan Bano, Rabu (12/10/2022) di Hotel Emersia Batusangkar.

Bupati Eka Putra sampaikan, Pemuda sebagai objek dan subjek pembangunan, dan juga merupakan tulang punggung perekonomian, sehingga pemuda harus mampu memainkan perannya dengan baik.

“Pemuda harus siap bersaing, memiliki kemampuan, serta meningkatkan kapasitasnya yang juga bisa melalui organisasi kepemudaan. Kami menyambut baik kegiatan ini agar lahir generasi muda yang mampu memberikan pembaharuan,” katanya.

Dikesempatan tersebut sebagai narasumber, Eka Putra juga beberkan seorang pemimpin harus berani dalam bersikap dan bertindak dalam mengambil setiap keputusan. "Untuk menjadi pemimpin harus diawali dengan memimpin diri sendiri, keluarga dan organisasi, serta selalu sabar,” tegasnya.

Dikatakan Eka Putra, peran pemuda dalam sejarah Indonesia sangat besar, salah satu diantaranya Budi Utomo sampai dengan menyatukan pemuda yang disebut sumpah pemuda, namun tantangan saat ini sangat besar dengan kemajuan teknologi.

“Pemuda juga disebut kaum milenial dan generasi emas. Dalam hal ini untuk peningkatan kapasitas Pemuda kita, saya mendorong Dinas terkait untuk meningkatkan kepedulian pada pemuda-pemudi. Karena generasi muda adalah generasi emas calon pemimpin bangsa, untuk itu mesti kita berdayakan,” ujar Eka Putra.

Eka Putra juga memaparkan tentang dasar hukum pemuda yaitu Undang-undang nomor 40 tahun 2009 serta aturan dibawahnya berupa PP dan Perda. Pemuda adalah warga negara Indonesia memasuki periode penting baik pertumbuhan dan perkembangan berusia 16 hingga 30 tahun (pasal 1).

Lebih lanjut Eka Putra juga memotivasi para pemuda bahwa masa depan Indonesia ditentukan oleh generasi milenial dan generasi Z menuju generasi emas 2045.

Diakhir arahannya, Bupati Eka Putra mengharapkan generasi muda kelak menjadi memimpin dan dalam kepemimpinannya harus berani dalam bersikap dan bertindak dalam mengambil keputusan, serta yang terpenting selalu melakukan komunikasi dengan kata tolong, maaf dan terimakasih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar diwakili Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Gusti Anola sampaikan pelatihan pemuda yang mengambil tema “Melalui Latihan Manajemen Organisasi Pemuda Kita Wujudkan Organisasi Pemuda yang Maju, Mandiri dan Profesional”  diikuti sebanyak 76 orang peserta yang terdiri dari dua angkatan yang dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 11-14 Oktober 2022. (Sutan/pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre