Breaking News

Dialog Kerukunan Umat Beragama Bagi Mahasiswa dan Pelajar SMA, SMK dan MA Berjalan Sukses

 


Muara enim, Figurnews.com-  Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Muara Enim mengadakan Dialog bersama para pelajar SMA, SMK, MA dan Mahasiswa di hotel Griya Serasan Rabu, 05 Oktober 2022.

Ketua FKUB Muara Enim bapak Drs. Sarban Sardjono, SH dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sebagai Edukasi untuk para penerus bangsa dari tingkat Pelajar dan Mahasiswa se Kabupaten Muara Enim, mereka harus di bekali dengan ilmu dan wawasan tentang betapa penting nya kerukunan antar umat beragama. 

Di Zaman Digital yang semakin cepat berkembang sangat rendahnya sikap toleransi kita terhadap Umat beragama, padahal para pendahulu sudah menuangkan gagasan dalam Undang-undang dasar 1945  dan Pancasila dalam sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Lanjutnya, Semua Rakyat Indonesia mempunyai hak asasi manusia atas memilih dan meyakini ajaran Agama masing-masing dan menjalankannya. 

Kita selaku Umat Islam juga sudah di jelaskan dalam kitab suci Al-Qur'an surat Al-kafirun ayat 6 yang artinya "untukmu agamamu dan untukku agamaku", sangat jelas toleransi yang telah Allah  berikan selaku Umat Islam, tidak saling mencampuri dalam urusan agama. 

Ketika ada kemungkaran yang terjadi dalam kehidupan kita juga tidak langsung menghakimi, mencaci maupun menghardik orang tersebut, nabi Muhammad juga memberikan petunjuk kepada kita ketika ada kemungkaran maka Cegah dengan tanganmu jika kamu memiliki kekuatan/jabatan dengan cara bijaksana, tidak mampu maka cegah dengan Lisan, dan jika tidak mampu juga Do'akan semoga yang melakukan kemungkaran di beri rahmat maupun hidayah oleh Allah SWT. Ungkap pak Sarban dan seraya mengucapkan Basmalah sekaligus membuka acara tersebut. 

Dihadiri juga dalam acara tersebut Kepala Kesbangpol, Kakan Kemenag muara enim, ketua ICMI muara enim, Kepolisian Resor muara enim, Tokoh Agama dan Kejaksaan muara enim. (Fitrah)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre