Breaking News

Curah Hujan Yang Tinggi, 9 Kecamatan Wilayah Kabupaten Malang Di Terjang Banjir Bandang Dan Tanah Longsor


Kabupaten Malang, Figurnews.com- Debet air hujan yang sangat tinggi sejak beberapa hari ini, menyebabkan  Kondisi wilayah Kabupaten Malang di 9 Kecamatan yang diguyur hujan dengan itensitas tinggi yang terjadi sejak beberapa hari ini menyebabkan terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di 9 Kecamatan di wilayah Kabupaten Malang.

Dengan adanya, situasi dan kondisi pantauan kejadian yang ditinjau oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang pada hari Senin 17 Oktober 2022, pukul 12.10 WIB. Meliputi luapan air dengan intensitas yang tinggi hingga terjadi banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah titik antara lain Kecamatan Sumbermanjingwetan, Sumbermanjingkulon, Ampelgading, Titoyudo, Pagak, Donomulyo, Bantur, Dampit, Gedangan Kabupaten Malang.

Seperti halnya, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan menyampaikan,”cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diwilayah Kabupaten Malang, khususnya Malang bagian Selatan, mulai kemarin Minggu (16/10) hingga saat ini Senin (17/10) yang menyebabkan bencana banjir bandang dan tanah longsor di 9 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Adanya dampak bencana tersebut dialami oleh warga masyarakat di Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo, Desa Kedungsalam Kecamatan Pagak, Desa Sumbermanjingkulon Kecamatan Sumbermanjingkulon, Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjingwetan, Desa Tambakrejo, Lenggoksono, Lebakharjo Kecamatan Tirtoyudo, Desa Purwodadi Kecamatan Bantur, Desa Bandungrejo Kecamatan Ampelgading, Desa Srimulyo, Desa Sukodono Kecamatan Dampit dan beberapa Desa di Kecamatan Gedangan, Pagak dan Donomulyo.” paparnya, Senin, (16/10).

Sadono menjelaskan,”dalam penanggulangan kali ini Tim Reaksi Cepat bergerak menuju lokasi untuk pendataan lebih lanjut dan melakukan penanganan awal assessment atau kaji cepat, terkait luapan aliran sungai perbatasan Desa  Bandungrejo-Tulungrejo Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Dari proses pendataan korban jiwa tidak ada, personil yang terlibat dalam kejadian tersebut PEMDES Bandungrejo, TDB PMI Kabupaten Malang, BPBD Kabupaten Malang dan warga Sekitar,” demikian disampaikanya. 

( Team/Rud' 22)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre