Breaking News

Bupati Pessel : Camat Harus Bisa Jalin Komunikasi yang Baik dan Intensif dengan Semua Elemen Masyarakat



Painan, Figurnews.com --
Camat sebagai perpanjangan tangan bupati ditegaskan harus mampu menjalin komunikasi yang baik dan intensif dengan semua elemen yang ada di masyarakat.

Karena melalui komunikasi yang baik itu, berbagai persoalan sosial serta juga potensi konflik di masyarakat bisa dilakukan antisipasi secara dini karena bisa cepat terdeteksi.

Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, saat melakukan serah terima jabatan Camat Lengayang, Alpriyendri, dari Pjs Okta Kurnia Ashar, kemarin (10/10) di ruang UDKP kantor camat setempat, dengan dihadiri, Anggota DPRD Dapil III Pessel, kepala perangkat daerah, Muspika Lengayang, para wali nagari, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya di kecamatan itu.

“Sebagai perpanjangan tangan bupati dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan umum, camat harus responsif dan peka terhadap kondisi masyarakat. Tujuannya agar hal-hal yang bisa menimbulkan konflik dan polemik di masyarakat, bisa diantisipasi secara dini. Selain itu camat juga harus bersikap independen,” katanya.

Rusma juga berharap camat juga mampu mengakomodir berbagai aspirasi yang berkembang.

“Berdasarkan hal itu, maka camat juga harus menguasai situasi dan kondisi pada wilayah kerjanya. Apa lagi saat memasuki tahun-tahun politik 2023-2034 nanti,” ingatnya.

Dia juga berharap dalam memaksimalkan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan, aparatur pemerintah di daerah itu tetap selalu memperhatikan tuntutan dan perkembangan yang ada demi kesejahteraan masyarakat di masa mendatang.

“Tuntutan masyarakat terhadap aparatur pemerintah agar mampu memberikan pelayanan yang baik, profesional, harus selalu direspon secara positif,” ingatnya.

Harapan itu disampaikan, sebab daerah itu memang tengah berupaya melakukan penataan dan perbaikan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, dengan tetap berlandaskan kepada visi daerah.

“Upaya tersebut harus dilaksanakan secara cermat dan terencana melalui optimalisasi tugas, serta juga terus meningkatkan koordinasi yang solid antar unit kerja mulai dari kabupaten, kecamatan, hingga ke tingkat nagari,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pelantikan camat di kecamatan itu memang mengalami keterlambatan. Hal memang karena pihaknya mempelajari kondisi terkini.

“Kita memang sengaja melihat siapa yang cocok menjadi camat di Lengayang. Itu kita lakukan setelah melihat peristiwa insiden penolakan yang dilakukan terhadap camat yang di lantik pada awal Januari 2022 lalu,” ujarnya.

Camat Lengayang, Alpriyendri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, karena telah memberikan amanah sebagai camat di Kecamatan Lengayang.

Ucapan terima kasih itu juga dia sampaikan kepada semua komponen yang ada, sehingga acara serah terima jabatan tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Sebagai camat yang baru melakukan serah terima, saya mengharapkan arahan, bimbingan dan juga dukungan dari semua elemen yang ada. Sebab tanpa dukungan itu, akan sulit apa yang kita harapkan bisa tercapai,” katanya.

Selain itu dia juga berharap ada masukkan dan kritikan yang positif dari masyarakat. “Sebab kritikan dan masukan yang membangun itu akan berdampak terhadap harapan kemajuan pembangunan yang kita rencanakan ke depan,” ucapnya berharap. (Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre