Breaking News

Bupati Eka Putra Pimpin Peringatan Hari Santri di Ponpes Darul Ulum

 

Tanah Datar,  Figurnews.com : Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. menjadi Inspektur Upacara (Irup) Bendera dalam rangka memperingati Hari Santri, di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Sabtu (22/10/2022). 

Bupati Eka dalam sambutan Menteri Agama mengatakan sejak ditetapkan pada tahun 2015, disetiap tahunnya selalu rutin memperingati Hari Santri, di tahun ini tema yang diangkat ialah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusian. 

“Maksud dari tema yang diangkat tahun ini, bahwa santri dalam kesejahteraannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Dimana santri, selalu sedia mendarmakan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Bupati Eka. 

Disebutkan Eka Putra, dimasa sekarang santri telah merambah ke berbagai bidang profesi. Meski begitu, santri harus mengedepankan nilai-nilai agama di setiap perilakunya. 

“Meski bisa menjadi apa saja, tetapi tidak boleh melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Bagi santri, agama ialah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi, yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik,” ujar Bupati Eka. 

Bupati Eka menambahkan, peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, akan tetapi milik seluruh komponen bangsa yang mencintai Tanah Air. 

“Kita mengajak seluruh masyarakat, untuk turut serta merayakan Hari Santri Nasional sebagai momentum untuk mengenang, meneladani dan melanjutkan peran santri dalam membela serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Bupati Eka. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakakemenag) Tanah Datar diwakili Kasubag PU Drs. H. Yusmarli, MH mengatakan acara peringatan Hari Santri tidak terlepas dari campur tangan seluruh elemen masyarakat. 

Ia juga mengatakan Kemenag Tanah Datar terus mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) dalam melahirkan masyarakat  Madani, “Kemenag Tanah Datar akan terus mendukung program-program Pemda,” ujar Yusmarli. 

Dikesempatan yang sama, Pimpinan Ponpes Darul Ulum H. Masrul Yakin. Dt. Panduko Kayo mengatakan peringatan Hari Santri Nasional baru kali pertama dilaksanakan di Ponpes tersebut. Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi para santri dalam menimba ilmu Agama. 

“Terima kasih telah memilih Ponpes Darul Ulum sebagai tempat pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022. Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan terwujud secepatnya. Ada pun tujuan itu sejalan dengan program Pemda, yakni menjadikan masyarakat madani,” ujar H. Masrul yang turut dihadiri  Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Jefri Masrul, Camat Lintau Buo Afrizal dan tamu undangan lainnya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre