Breaking News

Buka Lomba Kreatifitas TK se Tanah Datar, Ini Pesan Bupati Eka Putra

 

Tanah Datar, Figurnews.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra mengungkapkan dalam dunia pendidikan di Taman Kanak-Kanak (TK) ataupun dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), guru menjadi pusat perhatian peserta anak didiknya yang menjadi tauladan ataupun contoh yang akan mereka ikuti, tiru dan pedomani dalam berperilaku di kehidupan sehari-hari mereka. 

Hal ini disampaikan Bupati Eka Putra pada acara pembukaan Lomba Kreatifitas Guru TK se Kabupaten Tanah Datar Tahun 2022, di halaman Istano Basa Pagaruyung yang turut dihadiri Bunda PAUD Tanah Datar Bunda Lise Eka Putra, Ketua Himpaudi Tanah Datar, Pengurus IGTKI-PGRI Tanah Datar, Ketua Aisyiyah Tanah Datar, Bundo Kanduang dan undangan lainnya, Rabu (19/10/2022). 

"Karena menjadi tauladan, maka seorang guru harus meningkatkan kualitas dan sumber daya diri masing-masing, terutama dalam mengikuti perkembangan zaman. Seperti saat ini, guru hendaknya memahami kurikulum merdeka yang telah diluncurkan pemerintah," ujar Eka. 

Dikatakan Bupati lagi, masa usia dini merupakan masa emas (Golden Age), yang tentunya butuh sekali rangsangan pembekalan pendidikan diawali orang tua dan guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan. 

"Diketahui kurikulum merdeka memberikan keleluasaan guru atau pengajar dalam memilih dan menyusun perangkat ajar sehingga pembelajaran lebih variatif dan menyesuaikan diri dengan peserta didik," kata Eka lagi. 

Dan dengan diadakan lomba kreatifitas guru TK se Tanah Datar ini, tambah Eka, ia berharap para guru hendaknya tidak hanya menjadi ini sebagai ajang lomba semata, tetapi juga wadah dan sarana untuk mengembangkan diri, dan mempelajari berbagai kreatifitas baru yang ditampilkan peserta lain. 

Sebelumnya hal sama disampaikan Bunda PAUD Bunda Lise Eka Putra, Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tanah Datar selama ini telah mewujudkan dedikasi, pengorbanan dan keikhlasan dalam membantu Pemerintah Daerah meningkatkan mutu pendidikan usia dini untuk layanan taman kanak-kanak. 

"IGTKI PGRI Tanah Datar sebagai organisasi profesi merupakan mitra pemerintah dan Bunda PAUD Tanah Datar dalam meningkatkan mutu pendidikan Taman Kanak-Kanak, karena itu Saya mengajak seluruh anggota IGTKI untuk selalu bergandengan tangan dalam memajukan PAUD di Tanah Datar," katanya. 

Sekaitan dengan kegiatan lomba kreatifitas guru ini, Ny. Lise berharap peserta IGTKI lebih giat meningkatkan dan mengembangkan diri dalam rangka implementasi kurikulum merdeka. 

"Guru di TK harus mampu menanamkan nilai positif pada anak dalam menghadapi efek negatif dari kemajuan teknologi saat ini. Teruslah mengasah kreatifitas dan inovasi sehingga tujuan pendidikan di PAUD dan TK dapat tercapai dengan maksimal," sampainya. (Sutan/Pro)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre