Breaking News

Bawaslu Pasaman Barat Lantik 33 Petugas Panwascam, Berikut Namanya

 


Pasaman Barat ,Figurnews.com

Sebanyak 33 orang anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) se Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) resmi dilantik, Jumat (28/10) di Aula hotel Guci Simpang Empat.

Ketua Bawaslu Pasbar Emra Patria, ST didampingi Anggota Banwaslu  Pasaman Barat bidang Hukum dan Penyelesaian Sengketa Beldia Putra, SH dan Maityus Fajri, MH Koordinator Sekretariat Bawaslu Pasbar   mengungkapkan Bawaslu sebagai pengawas pemilu memiliki peran strategis dalam mengawal seluruh tahapan dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang rutin di selenggarakan setiap lima tahun.

"Bawaslu secara berjenjang dari Pusat, Propinsi, kabupaten Kota hingga kecamatan untuk menjalankan tugas dan wewenangnya melakukan pengawasan tahapan Pemilu yang merupakan implementasi demokrasi dalam rangka memilih wakil- wakil rakyat dan  pemimpinan daerah serta Pilpres sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945,"  ungkap Emra.

Dikatakan dengan memberikan pemahaman politik, mensosialisasikan regulasi pemilu dan mendorong partisipasi masyarakat dalam memberikan hak politiknya merupakan sebagian kecil dari peran strategis yang menjadi tugas utama Bawaslu, sehingga ekspektasi masyarakat terhadap pemilu yang berlangsung jujur dan adil, bebas dari intimidasi, politik uang dan politisasi sara tidak terjadi.


"Panitia pengawas pemilu kecamatan merupakan bagian dari lembaga Bawaslu yang bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu pada lingkup kecamatan masing-masing, untuk itu saya yakin setelah melalui proses perekrutan yang kredibel, objektif dan profesional menghasilkan personil Panwascam yang berintegrasi dalam menjalankan tugas pengawasan pada seluruh tahapan Pemilu 2024 mendatang," ujarnya.

Emria juga berharap anggota Panwascam dapat bekerja dengan sungguh-sungguh, kredibel dan menjaga kode etik sebagai penyelenggara Pemilu, dan agar Panwaslu dapat menjalin kerjasama dengan seluruh stakholder termasuk pemerintah kecamatan di wilayah masing- masing.

Ia menambahkan, Panwascam musti  independen dalam pengawasan Pemilu yang mengandung makna bahwa penyelenggara harus dapat bekerja bebas dan tidak terpengaruh oleh kepentingan pribadi dan suatu kelompok atau golongan.

Sementara prinsip integritas, tambahnya, dapat diartikan sebagai kesesuaian antara tindakan dan perilaku seorang pengawas Pemilu.

Dengan tanggung jawabnya, pengawas Pemilu yang berintegritas akan mendapatkan kepercayaan dari publik, terutama dari pemilih.

"Integritas merupakan prinsip penting bagi suatu lembaga publik untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari pihak lain," katanya.

Ia menambahkan, prinsip imparsial bermakna memberikan perlakuan yang sama, tidak memihak dan adil, sehingga tidak memberikan keuntungan kepada salah satu pihak.

Imparsial itu sangat penting, karena keberpihakan justru akan mencederai kredibilitas penyelenggara dan proses penyelenggaraan Pemilu.

"Seorang pengawas Pemilu bisa diibaratkan sebagai seorang wasit dan peran wasit sangat menentukan dalam sebuah pertandingan musti Netral. Jika wasit tidak memahami aturan, pertandingan tidak bakal berjalan dengan baik dan akan memunculkan ketidak puasan dari peserta," katanya.

Kepada Panwascam, ia berpesan agar memegang teguh prinsip tersebut. Mengedepankan pencegahan dan memaksimalkan pengawasan.

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Pasbar Defi Irawan SPd menyampaikan selamat sukses kepada panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang baru dilantik agar menjalankan tiga prinsip dalam menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban saat pelaksanaan Pemilu serentak 2024, agar pesta demokrasi itu berjalan aman, tertib dan damai.

Pelantikan dan pembekalan Panwascam Pasbar juga dihadiri Ketua KPU Pasaman Barat Alharis, Dandim 0305 Pasaman diwakili oleh Dan Unit Intel  Letda Inf Sayutis, SH, Kapolres Pasaman Barat diwakili oleh Kasat Reskrim  AKP. Farel Haris, SH.MH, Rohaniawan Ronaldi,SAg, Anggota Banwaslu Sumatra Barat, Lusi.

Berikut nama-nama Peserta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Sekalian Pembekalan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Pasaman Barat pada tahun pemilihan 2024 

1. Erwin Saputra Kec. Luhak Nan Duo

2. Rici Irawan Kec. Luhak Nan Duo

3. Zainal Efendi Kec. Luhak Nan Duo

4. Muhammad Ali Kec. Gunung Tuleh

5. Gusnidar Kec. Gunung Tuleh

6. Siti Khairunnisa Kec. Gunung Tuleh

7. Izwarman Kec. Kinali

8. Arini Buyanti Kec. Kinali

9. Arifwan Kec. Kinali

10. Andi Nova Satria Kec. Koto Balingka

11. Nur Apia Kec. Koto Balingka

12. Rendi Kec. Koto Balingka

13. Fitra Wati Kec. Lembah Melintang

14. Dian Puspita Kec. Lembah Melintang

15. Ariswan Kec. Lembah Melintang

16. Nola Ardila Kec. Pasaman

17. Yulia Fitria Kec. Pasaman

18. Fobi Habibillah Kec. Pasaman

19. Rasihan Anwar Kec. Ranah Batahan

20. Atmadi Kec. Ranah Batahan

21. Kahriman Anwar Kec. Ranah Batahan

22. Yuditra Efendi Kec. Sasak Ranah Pasisie

23. Efendi Kec. Sasak Ranah Pasisie

24. Indah Lestari Kec. Sasak Ranah Pasisie

25. Wanedi Sukma Kec. Suangai Aur

26. Nofderi Yandi Kec. Sungai Aur

27. Redi Mandra Putra Kec. Sungai Aur

28. Rinanda Kec. Sungai Beremas

29. Al Hafiz Kec. Sungai Beremas

30. Nurul Fajri Kec. Sungai Beremas

31. Indra Doni Kec. Talamau

32. Refri Ardi Kec. Talamau

33. Indra Gunawan Kec. Talamau.

Setelah Pengambilan sumpah, dilanjutkan pelantikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat dan pernyataan sekaligus penandatanganan fakta Integritas.

*Dolop

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre