Breaking News

Bapenda Provinsi Sumsel Kejar Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Kabid Pajak Bapenda Provinsi Sumsel Wahyu Septiadi Kusuma  (Foto dok Fera)


Palembang, Figurnews.com,-

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumsel akan lebih fokus dalam Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBB-KB). 

PBB-KB meliputi penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor, yaitu semua jenis bahan bakar cair atau gas yang digunakan untuk kendaraan bermotor. Pemungutan PBBKB diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2000 yang telah direvisi menjadi UU Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

Kepala Dinas Bapenda Provinsi Sumsel Neng Muhaiba melalui Kabid Pajak Wahyu Septiadi Kusuma mengatakan capaian Pendapatan Pajak Daerah (PPD) hingga pertengahan bulan Oktober rata-rata diatas 76 Persen.

"Secara keseluruhan mulai dari Pajak kendaraan Bermotor (PKB) 85,22 Persen, BBN-KB 83,49 Persen, PBB-KB 92,18 persen, PAP 74,21persen, dan Pajak rokok78,85 persen," jelasnya saat diwawancarai diruang kerjanya,Selasa (11/10/2022).

Menurutnya, potensi Pendapatan Asli Daerah dari Pendapatan Pajak Daerah terbesar bersumber dari PBB-KB untuk itu pihaknya akan melakukan penekanan agar wajib Pajak / perusahaan pengguna bahan bakar minyak untuk patuh membayar pajak PBBKB.

"Sumber Pajak yang besar itu dari PBB-KB, jadi saya akan memberikan ketegasan bagi wajib pajak agar Patuh,"katanya

Untuk itu, Pihak menggandeng beberapa pihak terkait seperti TNI, Polri dan Kejaksaan guna meminimalisir wajib pajak yang tidak taat aturan.

"Saya sudah berdiskusi seperti apa kedepannya agar WP patuh," mengikuti peraturan yang berlaku mengenai tarif PBBKB di sumsel yaitu tarif tunggal 7,5% untuk Bahan Bakar Minyak tegasnya.

Sementara pihaknya, lanjut dia Sudah menyurati langsung beberapa Wajib Pajak (WP) yang diduga membandel, Jika masih saja didapati yang membandel maka akan ditindak tegas.

"Kalau sudah kita Surati masih bandel maka akan dilayangkan surat Peringatan terlebih dahulu jika masih saja tidak mendengarkan himbauan dari kita maka perusahaan akan di kenai sangsi,"ucapnya

Ia berharap Wajib Pajak akan patuh apalagi PBB-KB Karena hasil Pajak ini dasar untuk membangun Sumsel dan mewujudkan Visi Misi Gubernur "Sumsel maju untuk semua"

"Saya berharap agar semua wajib Pajak Patuh, dan visi misi Pak Gubernur terwujud,"harapnya. 

Fera

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre