Breaking News

Ayo Bergabung Barisan Pemuda Nusantara, DPP Fahq Arafiq Di Pastikan Hadir Pelantikan BAPERA Pasbar

Ketum DPP Bapera, Fahq El Fouz Arafiq  Daliyus K. Ketua DPD Bapera Pasbar 

PASAMAN BARAT, FIGUR NEWS.COM -  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Pasaman Barat periode jabatan 2022-2027 segera dilantik. Pelantikan direncanakan akan digelar di Aula Kantor Bupati pasbar pada Kamis (27/10) mendatang.

Ketua DPD Bapera Kabupaten Pasaman Barat, Daliyus K mengatakan, semua agenda skedul dan akomodasi acara pelantikan telah dipersiapkan dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP Bapera, Fahq El Fouz Arafiq.

“Insya Allah ketua umum akan hadir. Fahd Arafiq merupakan putra penyanyi legendaris A.Rafiq.  Alhamdulillah susunan kepengurusan lengkap dari berbagai latar belakang dan profesi. Semoga kehadiran Bapera Pasaman Barat ini bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Dalius K di dampingi Sekretaris Imam Jendri, Senin sore (24/10) di sekretariat Bapera jalan 32 Pasaman Baru.

Daliyus yang juga Wakil Ketua DPRD Pasaman Barat ini menjelaskan, sesuai maksud dan tujuan secara nasional, DPD Bapera Pasaman Barat dibentuk untuk mewujudkan masyarakat yang profesional, berilmu, beriman dan memiliki semangat kebangsaan demi tercapainya Indonesia yang berkeadilan sosial.

"Barisan Pemuda Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Bapera, merupakan salah satu organisasi masyarakat yang berorientasi pada perjuangan serta pengabdian kepada masyarakat" sebutnya

Selain itu, sebagai organisasi masyarakat Bapera bersifat terbuka, Independen dan mandiri serta tidak terikat dengan partai politik manapun. Meski dapat dikatakan sebagai Ormas baru, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik yang tersebar luas di berbagai Daerah.

Dengan berasaskan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bapera resmi berdiri sejak 19 Mei 2016 di Jakarta. Organisasi Masyarakat ini sendiri didirikan oleh Fahd El Fouz Arafiq (Fahd Arafiq) dengan harapan Bapera akan menjadi ormas yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Saat ini Bapera sendiri dipimpin oleh Ketua Umum Fahd El Fouz Arafiq, S.E., M.M, atau biasa dikenal dengan Fahd Arafiq, lalu dengan Ketua Dewan Pertimbangan Ir. H. Airlangga Hartarto, MBA., MMT yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Perekonomian, dengan Dr. Ir. Sufmi Dasco Ahmad, SH.MH sebagai Wakil Ketua serta Ir. Hasto Kristiyanto, MM sebagai Sekretaris.

Drs. H. Mustafa M. Radja sebagai Sekretaris Jenderal serta Bendahara umum Syamsurachman, S.T., M.S.M.

Dalius K menambahkan, setelah dilantik DPD Bapera Pasbar, pihaknya akan segera melanjutkan kepengurusan struktur hingga ke tingkat Nagari.

Selain Visi, Bapera tentu memiliki misi untuk mewujudkan Visi itu sendiri dimana terwujudnya serta terciptanya pemuda-pemuda Indonesia dengan karakter kebangsaan yang kuat dan memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat sekitar serta untuk kemajuan Indonesia. Melakukan penguatan institusi organisasi kepemudaan yang mengedepankan kebersamaan dan solidaritas sosial serta  Merancang , mengelola , dan mengembangkan potensi kepemimpinan pemuda dan kewirausahaan (entrepreneurship).


Hingga saat ini Bapera tepat memiliki lebih 1 Juta anggota terhitung pada Sabtu, 5 Maret 2022 yang merupakan warga negara Indonesia dan tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain itu jumlah provinsi yang sudah bergabung bersama Bapera yaitu 34 Provinsi.

Beberapa Syarat Menjadi Anggota Bapera :

Secara umum masyarakat Indonesia dapat bergabung dengan Bapera, berikut syarat-syarat yang perlu diperhatikan saat ingin bergabung dengan Bapera diantaranya:

- Sudah berumur 16 tahun

- Menyetujui anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta aturan yang berlaku dalam organisasi.

- Menyatakan diri untuk menjadi anggota Bapera dengan mengisi formulir permohonan jadi anggota melalui perangkat organisasi terdekat.

- Dapat berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi.

- Ditetapkan dan disahkan oleh Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten atau Kota.

Bagi anda yang ingin bergabung, bisa langsung mendaftarkan diri lewat Aplikasi Bapera yang dapat di unduh di Android, anda juga bisa langsung datang ke kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di wilayah anda. Kami sarankan anda telah mendaftarkan diri lewat aplikasi Bapera sebelum mendatangi Kantor Sekretariat DPD untuk membantu mempercepat proses pendaftaran BAPERA.

(DODI IFANDA)


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre