Breaking News

Usai Dilantik, Ini Harapan Sekdes Tuapeijat yang Baru

Foto: Sekretaris Tuapeijat, Nobel bersama Istri usai Pelantikan Perangkat Desa di Aula Kantor Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jumat, (23/09/2022).

MENTAWAI. FN- Sekretaris desa (Sekdes) memegang peran strategis di Desa, baik dalam penataan administrasi desa dan pengelolaan keuangan desa. 

Sekdes atau perangkat desa berkedudukan sebagai unsur pimpinan sekretariat desa menjalani tugas sebagai koordinator Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD). 

Hal itu telah tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Sekretaris Desa bertugas sebagai koordinator PPKD. 

Usai dilantik pada hari Jumat, 23 September 2022 lalu, Sekretaris Desa Tuapeijat, Nobel berharap penataan administrasi desa dan kearsipan dapat lebih maksimal.

Peranan Sekdes dalam membantu Kepala Desa dibidang Administrasi Pemerintahan serta memberikan masukan kepada Kepala Desa dalam memberikan kebijakan kedepan hendaknya sesui harapan Masyarakat. 

"Kita akan tertibkan administrasi desa, bukan karena sebelumnya tidak tertib, namun kita lebih maksimalkan," ujar Nobel kepada figurnews.com. Jumat, (23/09/2022). 

Sekdes itu menjelaskan, salah satunya adalah data kependudukan. Ia kedepan akan berkoordinasi dengan 9 Dusun di Wilayah Desa Tuapeijat. 

Pendataan dimaksud seperti pendataan wilayah administrasi, potensi wilayah, jumlah penduduk, pekerjaan dan warga penerima bantuan serta hal yang menyangkut dengan desa. 

"Jadi nanti jika ada bantuan bagi warga, kita tidak sulit lagi untuk mendata ulang, kita tinggal lihat, apakah warga kita ini boleh menerima atau tidak, jadi kedepan kita bersama Kepala Dusun dan Kaur akan menginput kembal," 

"Kita akan berjalan sesui aturan yang telah ditentukan salah satunya Permendagri, kita akan selalu pelajari," tambahnya. 

Tuapeijat sebagai Ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai dikatakannya disisi pertambahan penduduk signifikan. Melalui pembicaraannya dengan Kepala Desa ini perlu diperhatikan. 

"Itu makanya kita kedepan akan minta laporan kepada Kepala Dusun terkait perubahan data penduduk dimasing-masing dusun," terang Nobel sebelumnya berprofesi sebagai Wartawan itu. 

Kemudian ia juga mengupayakan untuk merancang pemetaan potensi desa baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan begitu, Pemdes dapat mengetahui permasalahan Masyarakat di Desa. 

Desa Tuapejat terbagi dari 9 Dusun yakni, dusun Tuapejat, dusun Camp, dusun Kampung, dusun Jati, dusun Berkat, dusun Pukarayat, dusun Karoniet dan dusun Turonia. 

Tuapeijat memiliki luas wilayah 86,52 Km dengan jumlah penduduk 6.476 jiwa (data tahun 2020). 

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre