Breaking News

Surfaid Distribusikan 800 Paket Buku di Mentawai

Foto: Ketua PDD Mentawai, Seminar Siritoitet saat menanda tangani penerimaan buku dari Surfaid. Jumat, (02/09/2022).

MENTAWAI. FN- Surfaid atau lembaga sosial dan kemanusian mendistribusikan 800 paket buku di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Masing-masing buku memiliki 7 judul. Buku tersebut nantinya didistribusikan ke Sekolah dan ke 43 Desa di Mentawai. 

Katuerukat Surfaid di Kabupaten Kepulauan Mentawai periode 2016-2021 ini fokus pada banyak program antara lain, revitalisasi Posyandu, sanitasi berbasis Masyarakat dan ketahanan pangan serta percetakan buku diakhir masa periode.  

"Sebelum kita berangkat kita mendapatkan tugas untuk menerbitkan buku dari kajian yang sudah ada, semua buku sudah terimplementasikan," ujar Gomgom Hutapea, Comuniti Development Officer (CDO) Surfaid Mentawai di kampus PDD Akademi Komunitas Negeri Mentawai. Jumat, (02/09/2022). 

Ia menambahkan, 1 paket berisi 800 buah buku. Sementara untuk 43 Desa nantinya akan didistribusikan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana (PMDP2KB) sebanyak 384 buah buku. Buku itu nantinya dijadikan sebagai arsip Kecamatan, Desa dan Dusun se Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

CDO Surfaid itu menjelaskan pertama sekali Kantor Surfaid di Mentawai berada di Tuapeijat dan di Medan pada tahun 2000. Namun saat ini, melalui MoU dengan Pemerintah Daerah Surfaid berkantor di Pagai Selatan. 

Periode 2016-2021 Surfaid berkantor di Pagai Selatan ini bergerak di 2 Desa yakni, Desa Bulasat dan Desa Malakopak. Tempat tersebut merupakan wilayah terdampak gempa pada tahun 2010 lalu. 

"Saat ini kita tengah menunggu MoU kembali," ujar Gomgom Hutapea. Terkait perpanjangan kontrak, Surfaid saat ini tengah berusaha dengan Tim Penilai Organisasi (TPO). 

Adapun 7 buah buku itu terbagi pada kategori pertanian dan gizi yaitu pertama, olahan pangan lokal Mentawai nan lezat untuk keluarga kita. Kedua, sayangi bumi, kita gunakan pupuk dan pestida organik. Ketiga, makan yang kita tanam, tanam yang kita makan. 

Selanjutnya keempat, hama pisang? Kami tidak takut kamu. Kelima, rumah kita, sumber makanan sehat kita. Keenam, hama kabur, tanaman semakin subur. 

Kemudian ketujuh, menu makanan sehat bagi balita kita di Mentawai. 

Sementara itu Ketua PDD Mentawai, Seminar Siritoitet mengucapkan terima kasih kepada Surfaid yang telah berpartisipasi melalui buku edukasi terhadap kampus. 

"Buku ini juga nanti dapat dibaca oleh Mahasiswa, melalui petugas perpustakaan," sebutnya. 

Saat menerima buku tersebut Ketua PDD Mentawai didampingi Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Dewi Sartika Saragih, Ketua Program Studi Budidaya Perikanan, Ermianus Samalei, Dosen Budidaya Perikanan dan Hendri L Raja.

Wartawan: Erik Virmando

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre