Breaking News

Seribu Kebahagian di Balik Manfaat Protein Hewani

Seribu Kebahagian di Balik Manfaat Protein Hewani  
(Oleh : Rika Syafnita Putri)



Foto : Dengan kesederhanaa, seorang kakak tetap memberikan asupan protein hewani  (Telur ) kepada adiknya yang masih balita


Figurnews.com- 

Kebahagiaan merupakan salah satu bagian dari keinginan manusia untuk hidup yang lebih berkualitas. Semua orang memiliki pandangan yang berbeda dalam memahami arti sebuah kebahagiaan, dan memiliki cara yang berbeda pula dalam mencapai kebahagiaan tersebut. Namun,  setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan kebahagiaannya masing – masing. Sebuah pertanyaan penting muncul, kapan seseorang akan bahagia ? apakah ketika semua impiannya tercapai atau ketika dia sudah menjadi orang yang paling bermanfaat ? ataukah ketika dia sudah hidup dalam kecukupan dalam hal materi.  Pertanyaan tersebut tentu tidak bisa dijawab secara general. 

Terlepas dari sebuah makna dan definisi kebahagiaan, tanpa kita sadari terkadang hal – hal kecil yang dilakukan secara tulus dan ikhlas bahkan lebih cepat mendatangkan kebahagiaan bagi orang – orang sekeliling. Contohnya saja sebuah kebaikan dan kasih sayang orangtua kepada anak – anaknya dengan memberikan asupan makanan bergizi, protein nabati dan protein hewani yang seimbang dan berkualitas. 

Sebuah alarm bagi orangtua untuk tetap mengingat pentingnya kepeduliaan terhadap proses tumbuh kembang anak. Tidak sedikit orangtua muda yang mempertanyakan “apa yang paling dibutuhkan oleh anak – anak ketika masa pertumbuhan“?  Jawaban paling mendasar adalah, tentu tidak hanya  sekedar tercukupinya kebutuhan primer yang meliputi kebutuhan pangan, sandang dan papan, namun menelisik lebih dalam bahwa hal paling mendasar yang dibutuhkan anak – anak adalah sebuah “Kebahagiaan dengan hidup yang lebih sehat”. Hal ini sesuai dengan kata pepatah, “ Didalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat”. Bukankah manusia yang memiliki kualiatas kesehatan yang baik akan membuat aktivitas lebih produktif dan bernilai. 

Semakin pesatnya perkembangan teknologi menuntut setiap anak yang akan menjadi generasi penerus untuk memilki lingkungan dan asupan gizi yang tidak hanya sekedar cukup, namun harus berkualitas. Untuk memperoleh kualitas kesehatan yang baik, salah satunya adalah dengan menjaga asupan kebutuhan gizi agar terhindar dari dampak buruk akibat kekuarangan gizi atau lebih sering disebut stunting. Peran besar orangtua sangat diperlukan agar anak bisa terhindar dari kondisi stunting

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS),  Angka Indeks Khusus Penanganan Stunting (IKPS) di Indonesia masih berada pada angka 67,3 pada tahun 2020 dari angka 0 – 100. Angka tersebut tentu belum maksimal, inilah yang menjadi tugas besar dari orangtua untuk lebih peduli kepada kebutuhan gizi anak. Salah satunya memberika makanan yang mengandung protein hewani. Asupan protein hewani sudah terbukti memberikan seribu manfaat bagi pertumbuhan anak, mencukupi kebutuhan gizi seimbang, dan membangun jaringan dalam tubuh. 

Menarik sekali untuk dikaji bahwa masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan protein hewani yang bisa diperoleh dari mengonsumsi daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan, udang dan makanan olahan yang bersumber dari bahan utama protein hewani. Tidak hanya mudah diperoleh, protein hewani memiliki keunggulan dibandingkan protein nabati, diantaranya adanya kandungan Asam Amino Esensial (AAE) yang hanya bisa didapatkan dari protein hewani, karena tidak kandungan tersebut tidak di produksi oleh tubuh manusia. 

Asam Amino Esensial memiliki beberapa fungsi penting diantaranya ; mencerdaskan anak, membangun dan memperbaiki  jaringan otot, memperkuat daya tahan tubuh, meningkatakn penyerapan kalsium dalam tubuh dan meransang hormon pertumbuhan pada anak, sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Asam Amino Esensial umumnya dapat ditemukan pada protein hewani yang mengandung isoleusin, metionin, fenilalanin, triptofan, histidin, valin, treonin, leusin dan lisin. Salah satu sumber protein hewani yang paing disukai oleh anak - anak adalah telur. Putih telur menyimpan banyak kandungan protein, selain mengandung asam amino, telur juga mengandung mineral, lemak dan karbonhidrat. Telur bahkan bisa diolah menjadi berbagai jenis menu untuk disajikan kepada anak - anak. Kandungan protein pada telur dapat membantu pertumbuhan anak menjadi lebih berkualitas dengan terjaganya fungsi sel dan baiknya proses pembentukan jaringan tubuh. 

Selain telur, daging ayam dan ikan juga menjadi makanan favorit bagi anak - anak. Jika dilihat dari rasa nikmat yang diperoleh dari daging ayam dan sapi, maka tidaklah sulit bagi orangtua untuk mengarahkan anak untuk mengonsumsi protein hewani secara rutin. Hanya saja, masyarakat hanya perlu lebih selektif dalam memilih sumber protein hewani yang baik dan berkualitas, selain itu, perlunya memperhatikan pola konsumsi dan tata cara mengolah makana sumber protein hewani, agar manfaatnya tidak hilang ketika dimasak. 

Sangat jelas sekali bahwa asupan protein hewani sangat penting bagi pertumbuhan anak - anak dan bisa dikatakan wajib untuk dipenuhi oleh orangtua. Di zaman yang serba canggih saat ini, demi terpenuhinya kebutuhan protein hewani, banyak sekali perusahaan memproduksi produk olahan dari ayam, telur, ikan dan daging sapi yang mengandung potein hewani berkualitas. Masyarakat hanya perlu memilih dengan cerdas asupan terbaik bagi anak - anak. Selain telur, daging ayam juga menjadi makana favorit bagi anak-anak.  

Sudah saatnya masyarakat memiliki kesadaran sejak dini untuk peduli dengan kesehatan dan hidup dengan kualitas yang baik, sehingga setiap orang bisa merasakan kebahagiaannya masing - masing melalui hal - hal sederhana, seperti terpenuhinya asupan protein hewani bagi setiap anak. Tentu hal tersebut akan memiliki efek dampak jangka panjang, diantaranya ; anak - anak menjadi anak yang lebih cerdas, berdaya saing tinggi, dan memiliki potensi masa depan yang lebih cerah. 

Penulis : Rika Syafnita Putri


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre