Breaking News

Rapat Paripurna ke-18, dengan Empat Agenda

Rapat Paripurna ke-18 Foto dok Fera

Palembang, Figurnews.com,-

Rapat Paripurna ke 18 Masa Persidangan II dengan Agenda Laporan Reses MP.II Tahun Kerja 2022 Anggota DPRD Kota Palembang, Penutupan Masa Persidangan II tahun Kerja 2022, Pembukaan Masa Persidangan III tahun 2022 dan Jawaban Walikota Palembang terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi di DPRD Kota Palembang. Bertempat di Gedung DPRD Kota Palembang, Senin (05/09/2022).

Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin dihadiri secara Hybrid oleh anggota DPRD Kota palembang sebanyak 29 Orang.Diawali dengan Laporan Reses yang dibacakan oleh juru bicara daerah pemilihan masing-masing.
Pembacaan Laporan hasil Reses



Dapil 1 meliputi Kecamatan Bukit Kecil, Ilir Barat I, Ilir Barat II, dan Gandus yang dibacakan oleh juru bicaranya Abdullah Taupik. Dapil II meliputi Kecamatan Alang Alang Lebar, Kemuning dan Sukarami yang disampaikan oleh juru bicaranya M. Danu Mirwando. Dapil III meliputi Ilir Timur 1, Ilir Timur 2 dan Ilir Timur 3 yang disampaikan oleh juru bicaranya M. Arpani. Dapil lV meliputi Kecamatan Sako, Sematang Borang, dan Kalidoni yang disampaikan oleh juru bicaranya Harya Prathysta Endhie Putra. Dapil V Meliputi Kecamatan Sebrang Ulu 2 dan Plaju yang dibacakan oleh juru bicaranya Chairudin Pelita Maret. Dapil VI meliputi Kecamatan Seberang Ulu I,  Kecamatan Kertapati dan Jakabaring disampaikan oleh juru bicaranya Fauzi Achmad.

Ketua DPRD kota Palembang Zainal Abidin mengatakan laporan dari hasil reses beberapa hari yang lalu sudah dilaksanakan oleh anggota DPRD Kota Palembang sesuai dengan amanat undang-undang dengan harapan tindak lanjut dari pemerintah kota Palembang.

"Kita simpulkan dari hasil reses ini masih diseputaran infrastruktur, Perekonomian, Kesehatan dan pendidikan,paling banyak infrastruktur khususnya lampu penerangan jalan yang berepek meningkat nya angka Kriminalitas,"katanya

"Kami harapkan pemerintah kota Palembang menindaklanjuti dari temuan hasil reses tersebut,"harapnya

Pembacaan Laporan Masa Persidangan II tahun 2022 oleh Pimpinan DPRD kota Palembang Adzanu Getar Nusantara



Kemudian dilanjutkan dengan Agenda ke 2 dan Agenda ke 3 dengan laporan kegiatan DPRD Kota Palembang Selama masa persidangan II tahun Kerja 2022 mulai tanggal 23 Mei 2022 sampai dengan 5  September 2022 yang dibacakan oleh Pimpinan DPRD Kota Palembang Wakil Ketua 1 Adzanu Getar Nusantara.

Berdasarkan kesimpulan hasil kegiatan selama masa persidangan II meliputi Rapat Badan Musyawarah sebanyak 10 Kali,  Rapat Badan Anggaran sebanyak 9 Kali, Rapat Paripurna Istimewa sebanyak 4 Kali, Rapat Paripurna Biasa Sebanyak 11 Kali, Rapat Gabungan Pimpinan Dewan, Ketua Fraksi dan Ketua Komisi sebanyak 5 kali, Rapat Gabungan Pembentukan Perda sebanyak 8 Kali, Rapat Badan Kehormatan sebanyak 3 Kali, DPRD kota Palembang Melaksanakan Reses sejak tanggal 28 Agustus 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022.

"Selama masa persidangan II Tahun Kerja 2022 telah ditetapkan 9 keputusan DPRD, Satu Keputusan Pimpinan dan satu Keputusan bersama,"ucap Adzanu

Kemudian ditutup dengan Agenda ke-4 Tanggapan Walikota Palembang Harnojoyo terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi.

Walikota Palembang Harnojoyo menyampaikan  tanggapan Pandangan Umum Fraksi


Berdasarkan Pandangan Umum Fraksi Nasdem yang disampaikan oleh Paidol Barokat terkait tingginya pemasangan Jaringan PDAM, Penertiban Pedagang dan Perparkiran, keterlambatan Pembayaran Intensif RT, epek Pembangunan Proyek IPAL, Lampu jalan Banyak mati, ijin Pembangunan, dan mengevaluasi penerimaan Pajak.

Dilanjutkan Pandangan Umum dari Fraksi PKS yang disampaikan oleh M. Ridwan terkait JKN-KIS dikenakan biaya, Untuk Perbaikan Kantor Lurah, Beberapa sekolah yang masih melakukan penjualan Buku, Perbaikan jalan di jalan Azhari,

Kemudian dari Fraksi Golkar yang dibacakan oleh Ganefo Rohim menyarankan agar OPD meningkatkan pelayanan, Penerangan lampu jalan banyak mati, Banyak sampah Berserokan, Epek sisa galian PDAM, Genangan Air cukup Tinggi ketika hujan, Kesulitan Pemasangan Air bersih,dan lahan Parkir di BKB serta mangkirnya OPD ketika rapat Komisi.

Kemudian Laporan dari Fraksi PKB yang di sampaikan oleh M. arfani terkait Drenase yang dangkal, meningkatkan Pajak Daerah, untuk merawat bagunan, minim pembuangan Sampah, dan kerusakan infrastruktur akibat penggalian PDAM.

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kota Palembang


Kemudian Fraksi PAN yang disampaikan oleh Ahmad Sobri Fadillah meminta Pemerintah Kota Palembang untuk memantau Perijinan pembangunan, Dinas Kependudukan dan catatan sipil meningkatkan pelayanan, mengevaluasi OPD yang bekerja tidak maksimal, menjadikan Sungai musi sebagai magnet Wisata.

Kemudian dilanjutkan Fraksi PDI-Perjuangan yang disampaikan oleh Duta Wijaya Sakti terkait lahan Kantor Lurah lebong gajah dan kecamatan Sematang Borang, dan mengintruksikan Dinas Perhubungan sering terjadi kemacetan di SU ll dekat SMPN 15.

Kemudian Fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Akbar Alfaro Terkait untuk segera Perbaikan lampu jalan yang rusak, menertibkan oknum yang menaikkan Tarif Parkir di Pasar Jakabaring, dan segera membenahi Jalan berlobang, menambah kuota intensif Ustadz, dan untuk menunda Kenaikan tarif PDAM.

Walikota Palembang Harnojoyo (Kiri) Ketua DPRD Kota Palembang Zainal Abidin (Tengah) Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Adzanu Getar Nusantara (Kanan)


Kemudian penutup Fraksi Demokrat yang disampaikan oleh Iliyas Hasbullah tentang sosialisasi pencegahan penularan Cacar monyet, pembangunan Infrastruktur yang menyebabkan penyempitan jalan sehingga berpotensi kemacetan 

Menanggapi hal tersebut Harnojoyo menyimpulkan bahwa kiranya menjadi acuan pembangunan daerah yang diselaraskan dengan RPJMD kota Palembang tahun 2018-2023 ia Sependapat.

"Jawaban kami terhadap pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Palembang mudah-mudahan penjelasan yang kami sampaikan akan mengantarkan kita lebih memahami dari Raperda yang telah kami sampaikan,"harapnya 

Published : Fera

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre