Breaking News

RAMPUNGKAN BIMTEK PENYUSUNAN MASTERPLAN SMART CITY, PEMKAB BANGGAI MENUNGGU DOKUMEN RESMI MASTERPLAN DARI KEMENKOMINFO

 


BANGGAI, Figurnews.com – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai menuntaskan tahapan penyusunan masterplan smart city.

Tahapan tersebut dilalui, setelah tim penyusun masterplan smart city Kabupaten Banggai yang terdiri dari organisasi perangkat daerah, perguruan tinggi, serta pihak swasta, menjalani empat kali bimbingan teknis penyusunan masterplan smart city sejak Juni 2022.

“Kegiatan penyusunan dokumen masterplan ini diwujudkan dalam empat kali kegiatan bimbingan teknis yang diselenggarakan sejak Juni yang lalu. Jadi setiap bulan kami datang ke sini menyelenggarakan bimbingan teknis. Ini kali keempat dan yang terakhir,” kata Lukito Edi Nugroho, ketua tim pembimbing penyusunan masterplan smart city, saat menutup kegiatan bimtek, Kamis (8/9/2022), di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan.

Selama kegiatan bimtek, Lukito bersama timnya telah mengumpulkan data-data serta menjaring sejumlah masukan dari tim penyusun masterplan smart city Banggai. Data-data tersebut akan menjadi bahan dalam menyusun dokumen masterplan smart city.

“Setelah ini, kami akan menyempurnakan dokumennya (dokumen masterplan) dan menyerahkan dokumen tersebut kepada Kementerian Kominfo. Kemudian, Pemkab Banggai akan mendapatkan dokumen resmi masterplan dari Kemenkominfo,” ujar Lukito, yang juga akademisi dari Universitas Gadjah Mada.

Ketika dokumen resmi masterplan smart city telah diserahkan, Lukito berharap Pemkab Banggai serius mengimplementasikannya. “Kami berharap, dokumen ini bisa betul-betul digunakan sebagai pedoman, sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai macam aktivitas yang tujuannya adalah untuk membuat Kabupaten Banggai menjadi salah satu smart city di Indonesia,” ujarnya.

Bupati Banggai Amirudin yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai Ferlin Monggesang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim pembimbing dan tim penyusun smart city Kabupaten Banggai atas dukungan dan upaya mewujudkan Kabupaten Banggai menjadi salah satu kota cerdas di Indonesia.

Saat membacakan sambutan Bupati Banggai, Ferlin mengatakan, Pemkab Banggai berkomitmen untuk mengimplementasikan pembangunan berbasis smart city sebagai upaya memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat. Hal itu juga menjadi bentuk dukungan atas Gerakan Menuju Kota Cerdas (smart city) tahun 2022 yang dicanangkan oleh Kementerian Kominfo RI

Untuk merealisasikan itu, Bupati Amirudin menyadari pentingnya komitmen dan perencanaan yang matang serta menyeluruh dari pihak-pihak terkait. Bupati juga optimistis, dengan peran aktif seluruh OPD dalam mewujudkan smart city, Kabupaten Banggai bisa sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya.

“Saya yakin, OPD mampu berperan secara aktif dalam membangun pengembangan bangsa, khususnya mewujudkan Kabupaten Banggai sejajar dengan daerah maju lainnya melalui visi pemerintah Kabupaten Banggai : Terwujudnya Banggai Yang Maju, Mandiri, Sejahtera, Berbasis Kearifan Lokal,” tegas Bupati Banggai.

Rangkaian kegiatan bimtek penyusunan masterplan smart city Kabupaten Banggai ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama seluruh jajaran Pemkab Banggai; kepala-kepala OPD dan para camat, serta instansi terkait.

Tim Liputan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banggai

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre