Breaking News

Open House Balai Yasa Manggarai Dalam Rangka HUT PT KAI Ke 77


JAKARTA, FIGURNEWS.COM  -- 

KAI ingin mengenalkan kepada masyarakat bahwa layanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun, tapi KAI juga memiliki bengkel kereta api yang modern yaitu Balai Yasa. Selama ini Balai Yasa berperan dalam merawat sarana guna memastikan keselamatan dan kenyamanan pelanggan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat melihat langsung seluk-beluk Balai Yasa Kereta Api yang selama ini tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. Open House Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah berinteraksi langsung antara masyarakat dan Balai Yasa Kereta Api.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-77 KAI yang diperingati pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik. Kali ini KAI merayakan ulang tahunnya bersama-sama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa,” kata Didiek.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menggelar Open House Balai Yasa Manggarai untuk masyarakat umum. Open House ini diselenggarakan mulai 26-28 September 2022.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero), Joni Martinus mengatakan, open house Balai Yasa ditujukan untuk masyarakat umum, baik itu dari kalangan pelajar, mahasiswa, juga dari komunitas railfans.

"Tujuan dari diselenggarakannya open house ini adalah pertama kita ingin mengenalkan kepada masyarakat terkait dengan seluk beluk dan detil seperti apa kereta api Indonesia itu, masyarakat umum kan menyebut Balai Yasa ini sebagai bengkel kereta api," tuturnya kepada wartawan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Sementara itu, Irwansyah, Kepala Balai Yasa Manggarai (sudah 3 tahun bertugas di Balai Yasa dan dari Gubeng Yogyakarta ) menjelaskan nantinya masyarakat dapat melihat bagaimana proses perawatan gerbong untuk barang dan untuk penumpang yang dirawat dan juga diperbaiki jika ada kerusakan.

Selain itu, menurutnya open house juga ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih kenal dan dekat dengan Balai Yasa.

"Kami akan sajikan semua di sini dengan pemandu-pemandu yang telah kami siapkan," katanya.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk datang, bisa mendaftar melalui website KAI ataupun daftar di tempat. Namun KAI membatasi jumlah kunjungan per harinya.

"Memang untuk menjaga ketertiban tentu kami batasi jumlah masyarakat yang ingin berkunjung ke sini, karena sebenarnya Balai Yasa Manggarai ini adalah tempat yang steril, objek vital, maka dari itu kita harus tetap menyediakan guide dan membatasi jumlah pengunjung," ujar Irwansyah.

Balai Yasa memiliki tugas untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks. Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo. (Brs)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre