Breaking News

KAN Ujung Gading Dinilai Tim Provinsi Sumbar


Pasaman Barat,Figurnews.com Dalam rangka penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) Terbaik Provinsi Sumbar tahun 2022, Tim Penilai yang dikordinasikan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, turun langsung ke Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Selasa (13/9/2022).

Secara tahapan, KAN Ujung Gading sudah melewati tahapan penilaian tingkat kabupaten, sehingga dapat mewakili Pasaman Barat untuk berlomba di tingkat provinsi. Sedangkan di tingkat provinsi pun sudah diawali dengan penilaian adminstrasi, sehingga lolos enam KAN yang akan dinilai secara langsung oleh Tim Provinsi.

Menurut Kadis PMD Sumbar yang diwakili oleh Kabid Kelembagaan dan Adat Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM., Lomba KAN Terbaik ini dilaksanakan untuk melihat jalannya organisasi KAN, apakah KAN masih berperan melestarikan dan memelihara adat istiadat, pengelolaan kekayaan nagari, penataan admistrasi, serta hubungan kerja dengan pemerintahan nagari, Bamus dan lembaga lainnya.

"Aspek-aspek penilaian dalam Lomba KAN Terbaik ini adalah aspek kelembagaan, aspek penyelenggaraan dan pelestarian adat, aspek kompetensi dan hubungan kerjasama lembaga KAN dengan lembaga lainnya," kata Kabid Kelembagaan dan Adat menambahkan.

Sedangkan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi yang menyambut langsung Tim Penilai ini mengharapkan kepada tim untuk memberikan penilaian yang fair saja, tidak perlu melebih-lebihkan. Karena lomba ini pun sifatnya pembinaan, sehingga ada manfaatnya bagi KAN yang ikut berlomba.

"KAN Ujung Gading ini merupakan yang terbaik di Pasaman Barat, maka diharapkan KAN yang dipimpin oleh Antonius, SH.MH Datuak Raja Tuanku Sati ini dapat menjadi yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat," kata Hamsuardi.

Tim Penilai Lomba KAN Terbaik Provinsi Sumbar tahun 2022 ini terdiri dari Prof. Dr. Ir. Raudha Thaib, MS. (Bundo Kanduang), Dr. Ir. Yuzirwan Rasyid Dt. Gajah Tongga (Bakor KAN), Dr. Yulizal Yunus, M.Si Datuak Rajo Bagindo (UIN Imam Bonjol), Drs. Zaitul Ikhlas Saad, M.Si Rajo Intan (Tim Ahli Konsolidasi Adat), Quartita Evari Hamdiana, SKM.MM (Kabid Kelembagaan dan Adat DPMD Sumbar) dan Drs. Akral, MM Sinaro Mangkuto dari Dinas PMD Sumbar. 

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre