Breaking News

Kab. Pessel Raih Prediket Pariwisata Halal Sumbar 2022 dari Provinsi dengan Daya Tarik Wisata Pantai Carocok Painan



Painan,Figurnews.com -- Kabupaten Pesisir Selatan meraih prediket Pariwisata Halal Sumatera Barat 2022 dari pemerintah provinsi, dengan daya tarik wisata Pantai Carocok Painan.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyampaikan prediket itu tak lepas dari dukungan dan kerja keras semua pihak, utamanya masyarakat dan pegiat pariwisata terkait pengembangan model pariwisata halal di daerah.

"Alhamdulillah. Atas nama pemerintah kabupaten dan pribadi saya ucapkan terima kasih atas anugerah ini," ungkap bupati di Painan.

Anugerah Pariwisata Halal Sumatera Barat 2022 diterima langsung Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Suhendri Zainal mewakili bupati di halaman Gubernuran Sumatera Barat.

Bupati melanjutkan pemerintah kabupaten terus mengembangkan konsep wisata halal sebagai model baru pengembangan dunia pariwisata.

Ia mengusung tema yang Islami, tak hanya dari sisi fasilitas semata, namun juga dilihat dari aspek tata kelola dan destinasi semata, komoditi yang dijual hingga pelayanan turut menjadi pertimbangan.

Bupati melanjutkan pemerintah kabupaten sangat menyadari daerah tidak bisa terus bergantung pada sektor primer yang kini masih tercatat sebagai penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi.

Ia secara alamiah mengalami penurunan seiring desakan kebutuhan pembangunan dan kepadatan populasi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik erasa sejak lima tahun terakhir, dengan rata-rata penurunan hingga dua persen per tahun.

Karena itu Pesisir Selatan menjadikan sektor pariwisata sebagai tumpuan perekonomian masa depan. Keberadaannya dinilai dapat menarik lapangan usaha lainnya seperti perhotelan, restoran, perdagaan hingga industri kreatif.

"Pada 2026 pemerintah kabupaten dalam RPJMD menargetkan tingkat kunjungan 3.7 juta wisatawan, dengan omzet ekonomi kreatif sekitar Rp50 miliar," terang bupati.

Pencapaian target tidak hanya sekedar lewat pembangunan destinasi, namun lebih pada pengembangan sumber daya manusia pengelolanya sesuai visi-misi Pesisir Selatan 2026 yang fokus peningkatan sumber daya manusia.

Sementara kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda menyampaikan anugerah pariwisata itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah provinsi pada segenap elemen yang turut memajukan pariwisata daerah.

Pemerintah provinsi menilai Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah yang cukup gigih membangun kepariwisataannya. Ia menyampaikan daerah berjuluk 'Negeri Sejuta Pesona' itu layak mendapat apresiasi.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan semua unsur di dalamnya terus melakukan perubahan dan perbaikan di sektor pariwisata, mengingat potensinya yang cukup besar.

"Ini juga bertepatan dengan hari Pariwisata Dunia. Semoga pariwisata di Sumatera Barat kian mendunia," tuturnya.

Selain Pesisir Selatan Anugehrah Pariwisata Halal Sumatera Barat 2022 juga diterima Kota Bukittinggi dengan destinasi Ngarai Sianoknya dan wisata Pantai Padang, Kota Padang.(Ef).

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre