Breaking News

Jajaran Brand Kategori Mom & Kids dan Health & Beauty Pilihan Konsumen


Tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, hingga meningkatnya taraf hidupmasyarakat membuka pasar yang sangat potensial terutama produk kebutuhan ibu dan anak, hingga kesehatan dan kecantikan. Potensi pasar yang besar dengan persaingan yang sangat sengit di era digital pun menghadirkan brand-brand pilihan konsumen berkat strategi ciamik memikat hati konsumen di ranah digital.

JAKARTA, Figurnews.com  -- 

Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun ada 4-5 juta anak lahir di Indonesia. Sementara Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada Desember 2021 jumlah penduduk usia anak 0-14 tahun mencapai 69 juta jiwa atau 25% dari total jumlah penduduk yang saat ini telah mencapai lebih dari 275 juta jiwa.

Menariknya lagi, Bank Dunia dalam laporan “Aspiring Indonesia – Expending the Middle Class” tahun 2020 mencatat, ada sebanyak 45% populasi atau 115 juta orang berpotensi menjadi kelas menengah. Saat ini jumlah kelas menengah diperkirakan 50 juta orang lebihtelah masuk dalam golongan kelas menengah.

Memahami potensi dan tren pasar tersebut, INFOBRAND.ID sebagai number one brand media bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, untuk kali pertama menghadirkan penghargaan BRAND CHOICE AWARD FOR MOM & KIDS 2022, dan BRAND CHOICE AWARD FOR HEALTH & BEAUTY 2022.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menjelaskan, BRAND CHOICE AWARD FOR MOM & KIDS 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada Brand-brand nasional dan internasional di kategori kebutuhan Ibu & Anak yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen di Indonesia.

Sedangkan BRAND CHOICE AWARD 2022 FOR HEALTH & BEAUTY 2022, merupakan apresiasi yang diberikan kepada Brand-brand nasional dan internasional di kategori kesehatan dan kecantikan yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen di Indonesia.

Tujuan dari penyelenggaraan penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan yang telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen melalui channel marketplace di Indonesia. Melalui penghargaan ini diharapkan menambah kepercayaan konsumen dan calon konsumen dalam memilih, menggunakan, serta merekomendasikan produk dari suatu brand.

“Tentunya melalui penghargaan ini kami harapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan dan brand-brand di kategori ibu dan anak, kesehatan dan kecantikan, semakin mengoptimalkan platform marketplace dan media sosial untuk mendorong penjualan produknya,” ujar Susilowati Ningsih.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, untuk melihat brand- brand pilihan Mom & Kids dan Health & Beauty, diberikan berdasarkan penilaian dengan pendekatan digital monitoring dengan mengacu kepada 3 parameter penilaian yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.

Dimana riset Brand Choice for Mom & Kids Index dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, yang dilakukan terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an brand ter-riset. Sedangkan riset Brand Choice for Health & Beauty Index, dilakukan pada bulan Mei-Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1000-an brand ter-riset.

“Adapun kriteria penilaian yang dilakukan dari dua penghargaan tersebut, brand-brand peraih penghargaan dinilai telah memenuhi tiga kriteria penilaian seperti; brand-brand ter-riset memikiki official online store yang terdaftar secara resmi di marketplace di Indonesia. Brand- brand ter-riset meraih angka final skor minimal 10% atau lebih di kategori produknya. Dan brand achiever berada pada posisi tiga teratas dalam 1 kategori, atau berada pada peringkat pertama apabila hanya terdapat maksimal tiga brand ter-riset di satu kategori tersebut,” jelas Tri Raharjo.

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, dari hasil riset Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, ada 3,1 juta ulasan brand di internet, 605 ribu pencarian bulanan di internet, 21,24 juta transaksi di official store di dua marketplace teratas, dengan 10,85 juta review dengan rating rata-rata 4,69. Sementara untuk Brand Choice Award for Health & Beauty 2022, ada 2,77 juta ulasan di halaman internet, 2,17 juta pencarian bulanan, 65,4 juta penjualan di dua marketplace teratas, dengan 39,12 juta review dan rating rata-rata 4,88.

Dari riset Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 juga terungkap, 10 kategori produk dengan transaksi teratas antara lain; Sabun Mandi Antiseptik dengan 1,59 juta transaksi, Pulpen dengan 1,14 juta transaksi, Popok Bayi dengan 1,07 juta transaksi, Gendongan Bayi dengan 1,01 juta transaksi, Biskuit dengan 956,40 ribu transaksi, Baby Bath dengan 837,82 ribu transaksi, Susu Formula 1-3 Tahun dengan 710,94 ribu transaksi, Susu Formula 4-6 Tahun dengan 448,45 ribu transaksi, Bedak Bayi dengan 444,17 ribu transaksi, Baby Cologne dengan 441,99 ribu transaksi.

Sementara dari riset Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 terungkap, 10 kategori produk dengan transaksi teratas antara lain; Serum Wajah dengan 3,39 juta transaksi, Body Lotion dengan 2,42 juta transaksi, Shampoo dengan 2,36 juta transaksi, Lip Cream dengan 2,22 juta transaksi, Hand Wash dengan 1,99 juta transaksi, Mascara dengan 1,95 juta transaksi, Deodorant dengan 1,90 juta transaksi, Facial Wash dengan 1,83 juta transaksi,

Lipstick dengan 1,80 juta transaksi, dan Sabun Mandi Cair dengan 1,67 juta transaksi. Selanjutnya, dari dari penilaian yang telah dilakukan, beberapa brand peraih Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 antar lain; Chocolatos untuk kategori Wafer Stick, Chocolatos untuk kategori Minuman Coklat Kemasan, Gery Saluut untuk kategori Wafer Malkist, Mere Et Moi untuk kategori Gendongan Bayi, IQ Angel untuk kategori Mainan Bayi, Aice untuk kategori Ice Cream Bucket dan Ice Cream, Indomilk untuk kategori Susu Kental Manis, Morinaga untuk kategori Susu Formula 0-12 Bulan, Susu Formula 1-3 Tahun, dan Susu Formula 4-6 Tahun, Bambi untuk kategori Lotion Anti Nyamuk, Mama’s Choice untuk kategori Multivitamin Ibu Hamil & Menyusui dan Stretch Marks Cream, Morinaga Soya untuk kategori Susu Formula Soya, Mamabear untuk kategori Pelancar ASI, Momaz untuk kategori Gendongan Bayi, dan Caladine untuk kategori Bedak Gatal.

Sementara beberapa brand peraih Brand Choice Award for Health & Beauty 2022 antara lain; Nutrive Benecol untuk kategori Minuman Penurun Kolesterol, Natur untuk kategori Hair Treatment dan Vitamin Rambut, NPURE untuk kategori Toner, Softex untuk kategori Pembalut Wanita dan Pantyliner, Elvasense untuk kategori Alat Cek Gula Darah, Morris untuk kategori Eau De Parfume Wanita, Mama’s Choice untuk kategori Nipple Cream, dan Lactacyd untuk kategori Feminine Care.(***)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre