Breaking News

Jaga Kelestarian Ekosistem, KKP Lepasliarkan 50.000 Ekor Ikan di Kali Ciliwung

Jaga Kelestarian Ekosistem, KKP Lepasliarkan 50.000 Ekor Ikan di Kali Ciliwung


BOGOR - FN - 3/9) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepasliarkan 50 ribu ekor ikan di Kali Ciluwung, Bogor, Jawa Barat sebagai upaya menjaga keberlanjutan populasi ikan dan kelestarian ekosistem.   

"Kegiatan ini baik sekali untuk menjaga keberlanjutan, khususnya sumber daya ikan. InsyaAllah ikan-ikan ini nantinya dapat terus tumbuh besar serta bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan menjaga keseimbangan ekosistem perairan," ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Antam Novambar usai melakukan pelepasliaran, Jumat (2/9/2022).

Jenis ikan yang direstocking di antaranya ikan torsoro, ikan mata merah, ikan nilem, ikan tawes dan ikan baung. 

Pelepasliaran ikan tersebut, sambung Antam, bagian dari acara Fisheries and Aquaculture Product Festival (RIFAFEST) yang diusung Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluh Perikanan Bogor (BRPBATPP), salah satu unit pelaksana teknis Balai Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP. 

Kegiatan restocking tersebut sejalan dengan strategi ekonomi biru yang diusung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk keberlanjutan ekosistem, pertumbuhan ekonomi, serta ketahanan pangan. 

Lima strategi ekonomi biru itu antara lain memperluas wilayah konservasi dengan target 30% dari luas laut Indonesia, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur (PIT) berbasis kuota, pengembangan budidaya laut, pesisir, dan air tawar yang ramah lingkungan, penanganan sampah laut dengan nilai ekonomi sampah, serta penataan pemanfaatan ruang laut, pesisir dan pulau-pulau kecil.

Selain kegiatan pelespaliaran ikan di Kali Ciliwung, Antam Novambar juga meluncurkan vaksin Caprivac Hydrogalaksi untuk mendorong produtivitas perikanan budidaya.


Vaksin Caprivac Hydrogalaksi merupakan vaksin inaktif kombinasi bakteri untuk mencegah penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) dan Streptococosis pada ikan air tawar. Vaksin ini merupakan hasil kolaborasi antara BRPBATPP BRSDM KKP dengan PT Caprifarmindo Laboratories.

Sebagai informasi, RIFAFEST merupakan kolaborasi antara kegiatan riset perikanan dan kegiatan penyuluhan yang tujuannya untuk membangun sinergi dengan stakeholder terkait melalui industrialisasi produk inovasi dan penyuluhan. 

Sejumlah produk kelautan dan perikanan juga dipamerkan dalam kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Bogor Bima Arya.

BIRO HUMAS DAN KERJA SAMA LUAR NEGERI.

(Deva)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre