Breaking News

JA Solar Raih Peringkat "AAA" Tertinggi dalam "PV ModuleTech Bankability Rankings"


JA Solar Raih Peringkat "AAA" Tertinggi dalam "PV ModuleTech Bankability Rankings"

BEIJING, Figurnews.com --

JA Solar meraih peringkat "AAA" tertinggi pada 13 September lalu ketika PV Tech menerbitkan "PV ModuleTech Bankability Rankings" Triwulan III-2022. Daftar ini memaparkan daya saing manufaktur dan posisi keuangan JA Solar yang baik seperti tercermin dari indikator utama seperti pengiriman, tata letak kapasitas, tata letak teknologi, dan kinerja keuangan. Menurut laporan tersebut, JA Solar tergolong salah satu vendor peringkat A yang paling konsisten menurut seluruh metrik utama dari 2014-2022.

Perkembangan bisnis yang stabil dan seimbang di seluruh dunia

Pada 26 Agustus, JA Solar merilis laporan keuangan pertengahan tahun 2022. Dalam laporan ini, penjualan produk JA Solar tercatat 67% pada Semester I-2022. Dalam beberapa tahun terakhir, JA Solar terus memperluas jangkauan internasionalnya, dan kontribusi penjualan di luar negeri selalu berkisar 60%-70% dari penjualan total. JA Solar kini telah membangun rantai industri yang lengkap di dalam dan luar negeri lewat 12 basis manufaktur di seluruh dunia. Jaringan ini menyediakan dukungan kapasitas produksi yang baik untuk penjualan produk di pasar global.

Pangsa pasar global JA Solar mencapai 14% pada 2021. Secara khusus, pangsa pasarnya di pasar-pasar maju terus meningkat, termasuk Eropa yang tercatat sebesar 18%, dan Tiongkok sekitar 19%; di pasar berkembang, pangsa pasar JA Solar pada 2021 bahkan mencetak rekor, yakni 46% di Pakistan, 58% di Malaysia, serta sekitar 40% di Israel. Lebih lagi, JA Solar berhasil menemukan pasar-pasar baru seperti Guyana di Amerika Selatan, Sierra Leone di Afrika, Tahiti di Oseania, dan Uzbekistan di Asia Tengah. Seluruh hal ini berkontribusi terhadap stabilitas perkembangan bisnis JA Solar di seluruh dunia. Seperti yang dipaparkan dalam laporan PV ModuleTech, JA Solar akan menjadi semakin kompetitif di pasar Amerika Serikat setelah perkembangan tata letak produksi globalnya. 

Satu langkah lebih maju dalam perkembangan yang digerakkan teknologi

JA Solar terus menambah investasi pada riset ilmiah demi memenuhi pesatnya permintaan pasar, serta meningkatkan iterasi teknologi dan memperbarui industri. Pada Semester I-2022, JA Solar telah menguasai 1.178 hak paten untuk penelitian dan pengembangan independen. Efisiensi konversi rata-rata dari sel Percium yang diproduksi JA Solar secara massal tercatat sebesar 23,7%, dan sel n-type sebesar 25%.

Panel surya berbasiskan sel Percium DeepBlue 3.0 telah menarik perhatian luas di seluruh dunia sejak pesanan pertama untuk produk ini dikirim JA Solar pada Oktober 2020. Pada akhir Juni 2022, penjualan produk ini telah mencapai 24 GW. Produk ini pun telah diaplikasikan dalam proyek penting berskala global seperti proyek PV atap bangunan di Stasiun Kereta Beijing Fengtai, proyek PV atap bangunan di Kompleks PBB di Beijing, proyek source-grid-load-storage terintegrasi dan terbesar di dunia, tepatnya di Ulanqab, Inner Mongolia, serta proyek PV terapung Uivermeertjes di Belanda, pembangkit listrik PV terapung yang terbesar kedua di luar Asia.

Pada Mei 2022, JA Solar melansir panel surya berbasiskan sel n-type, DeepBlue 4.0 X. Produk ini memiliki efisiensi konversi sel sebesar 25%, dan daya maksimum sebesar 625 W. Dibandingkan panel surya p-type yang biasa ditemui, DeepBlue 4.0 X mampu menghemat biaya balance of system (BoS) hingga sekitar 2,1%, serta biaya levelized cost of electricity (LCOE) berkisar 3,5%-5% sehingga semakin meningkatkan profitabilitas proyek, serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi pelanggan. Kapasitas sel n-type JA Solar diperkirakan melampaui 27 GW pada 2023. Dengan demikian, JA Solar menjadi salah satu perusahaan pertama di dunia yang mengembangkan sel n-type dan memproduksinya.

JA Solar turut mempromosikan manufaktur pintar (intelligent manufacturing) dengan mempercepat transformasi digital. Selama proses produksi, JA Solar menjamin pengendalian mutu secara ketat lewat deteksi seketika 24 jam dan sistem peringatan dini otomatis. Misalnya, di basis produksi JA Solar Yiwu, JA Solar merealisasikan digital intelligence dalam seluruh proses, mulai dari perencanaan dan produksi hingga logistik, serta mewujudkan "visibilitas dalam proses pengiriman barang selama tujuh hari", serta menjaga efisiensi produksi dan kualitas produk secara akurat.

Pertumbuhan bermutu tinggi secara berkelanjutan dengan posisi keuangan yang baik

Laporan pertengahan tahunan menunjukkan, sepanjang Semester I-2022, JA Solar membukukan pendapatan senilai RMB 28,469 miliar, mengalami kenaikan tahunan sebesar 75,81%, serta laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham perusahaan senilai RMB 1,702 miliar, atau mengalami kenaikan sebesar 138,64% dari periode serupa pada tahun lalu. Kinerja ini menunjukkan pertumbuhan pendapatan operasional dan laba bersih. Lebih lagi, penjualan panel surya sepanjang Semester I-2022 pun mengalami kenaikan di atas 50% (lebih tinggi dari rata-rata industri) dari periode serupa pada tahun lalu.

JA Solar juga mendapat pengakuan luas atas kinerja solid, baik di dalam dan luar industri. Hingga kini, JA Solar telah berkali-kali tercantum dalam daftar "Global Top 500 New Energy Enterprises", "Fortune China 500", "China's Top 500 Private Enterprises", "China's Top 500 Private Manufacturers", bahkan peringkatnya terus melesat.

Source : JA Solar Technology Co., Ltd.


Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre