Breaking News

DiGelar 22 September 2022,Rang Solok Baralek Gadang Beragam Atraksi Budaya Akan Dilaksanakan

 

Solok Kota,Figurnews.com - 
Masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dari Kemenparekraf, event “ Rang Solok Baralek Gadang “ akan digelar selama empat hari pada tanggal 22 sampai 25 September 2022 di Hamparan Sawah Solok, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Terkait agenda pariwisata itu , Kepala Dinas Kominfo Kota Solok,Heppy Dharmawan menyiarkan, Event “ Rang Solok Baralek Gadang ” akan berlangsung semarak hingga ditargetkan terjadi transaksi selama kegiatan sebesar Rp 2,5 Milyar.

Event ini merupakan sebuah perhelatan masyarakat Kota Solok sebagai salah satu bentuk mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraan atas hasil panen yang melimpah dengan cara menggelar berbagai macam kegiatan tradisi dan budaya lokal di areal persawahan.


Event budaya bertemakan “ Rang Solok Baralek Gadang “ tidak terlepas dari julukan Kota Solok sebagai Daerah penghasil beras ternama dan identitas tersebut sampai saat sekarang masih terus dipertahankan, meskipun saat ini Kota Solok telah tumbuh menjadi Daerah Urban dengan landscape persawahan lebih kurang 200 Ha menghampar diantara Permukiman dan Perkantoran.

" Melalui kegiatan yang dilaksanakan di hamparan sawah Solok menjadikan salah satu cara bagi masyarakat untuk mempertahankan lahan pertanian dari alih fungsi lahan," terang Happy Darmawan, Rabu (14/9/2022) di Solok.

Kadis Kominfo Kota Solok menyebut, acara yang berlangsung selama Empat hari tersebut, nantinya akan dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya Prosesi Batulak Bala yang akan dilaksanakan Kamis sore tanggal 22 September 2022 dengan melibatkan Bundo Kanduang.

Prosesi Batulak Bala itu sendiri, merupakan salah satu kegiatan yang masih tetap dilakukan oleh masyarakat tani sawah Solok saat masuknya musim tanam. Dengan dipandu oleh seorang ulama, masyarakat tani secara bersama - sama membacakan syalawat kepada nabi sambil mengelilingi lahan persawahan dengan tujuan agar tanaman terhindar dari hama penyakit dan mendapatkan hasil panen sesuai dengan yang diharapkan.

“ Selama event berlangsung setiap sore hingga malam hari para pengunjung akan dihibur dengan berbagai pertunjukan seperti Tarian atau musik tradisi dan kreasi Daerah, penampilan kesenian dan Randai. Selain pertunjukan tradisi dan budaya,dilokasi event Rang Solok Baralek Gadang juga akan di ramaikan oleh Pameran UMKM dan Ekonomi kreatif, Bazar kuliner dan pasar beras Solok sebagai oleg-oleh bagi pengunjung,”ungkap Heppy Dharmawan.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo juga menjelaskan, dilokasi event nantinya terdapat juga susunan jerami yang dinamakan instalasi jerami, dibuat menyerupai patung binatang, bunga dan bentuk lainnya.

Khusus bagi pecinta layang-layang, nantinya juga dapat menikmati pameran layang – layang yang di ikuti oleh beberapa Negara. Selain itu pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan atau ikut serta perlombaan layang-layang tradisonal.

“ Salah satu rangkaian event yang paling ditunggu-tunggu oleh Fotografer untuk di abadikan, yaitu “ Basilumuh “ sebuah tradisi silat yang dimainkan dalam lumpur sawah. Pertunjukan Basilumuh ini nantinya akan di ikuti oleh berbagai sasaran silat dari berbagai Kota dan Kabupaten lainnya. Kemudian pengunjung juga akan di suguhi tradisi “ Batuang Gilo “ dan Permainan Anak Nagari lainnya seperti Pacu Upiah, Pacu Belut,Tarik tambang balunau, Sipak Rago dan Basikakeh Roda Basi (lomba mesin bajak),”ungkap Kadis Kominfo.

Pada hari terakhir Kegiatan Event Rang Solok Baralek Gadang, terang Happy Darmawan, akan digelar pawai budaya yang di ikuti oleh 13 Kelurahan dengan menampilkan 13 prosesi adat Kota Solok, mulai dari kelahiran hingga kematian.

" Setelah kegiatan pawai dilanjutkan dengan makan Baronjin bersama peserta pawai, tamu atau undangan, dan seluruh masyarakat yang ada,”tutup Heppy Dharmawan.(ayu) 

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre