Breaking News

Bhabinkamtibmas Polda DIY Terima Penghargaan Kabaharkam Polri

Bhabinkamtibmas Polda DIY Terima Penghargaan Kabaharkam Polri 


Figurnews.com - Beberapa personel anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polda DIY yang dinilai inovatif mendapat penghargaan dari Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto. 

Penghargaan tersebut berupa piagam Vicvapa Brahmagola, karena dianggap berjasa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polda DIY

Penghargaan Vicvapa Brahmagola langsung diserahkan oleh Komjen Pol Arief Sulistyanto kepada personel pejabat Polda DIY pada Senin (12/9/2022) di gedung Anton Soedjarwo Polda DIY.

Penghargaan juga  diterima Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, Dirbinmas Kombes Pol Tartono, Kasubdit Bhabinkamtibmas serta Ditbinmas AKBP Sinungwati. Penghargaan juga diberikan kepada tujuh orang Bhabinkamtibmas Polda.

“Baru saja saya memberikan penghargaan kepada tujuh Bhabinkamtibmas yang inovatif dalam pelaksanaan tugas mereka, penghargaannya adalah Vicvapa Brahmagola yang merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kabaharkam Polri kepada personel Polri yang mampu melaksanakan tugas pemeliharaan Kamtibmas,” kata Arief Sulistyanto

Adapun Vicvapa Brahmagola memiliki arti perlindungan menyeluruh terhadap alam semesta. Aiptu Henis Catur Linung Timur Yanti salah satu Bhabinkamtibmas Kelurahan Gunung Ketur, Polsek Pakualaman Jogja yang mendapatkan penghargaan mengatakan, pihaknya menggagas kamar layak huni dan MCK bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan tuna wisma di wilayah Pakualaman. Biaya pembangunan fasilitas tersebut bersumber dari tunjangan kinerja aparat kepolisian di wilayah itu.

Selain itu, Bhabinkamtibmas yang mendapatkan penghargaan diantaranya, Aipda Basyori Anwar, Bripka Mujadi, Aiptu Gangsal Wirajati, Aiptu Henis Catur Linung Timur Yanti, Bripka Winarko serta Bripka Agus Gutama, Aipda Tri Asih. Mereka berinovasi mengubah kampung prostitusi menjadi kampung takwa dan tempat wisata.


“Disamping mereka melakukan tugas pokoknya, mereka peka terhadap keadaan masyarakat di sekitarnya. Ini adalah inovasi bentuk kepekaan para Bhabinkamtibmas tentang situasi dan kondisi masyarakatnya,” ujar Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Tartono Prestasi yang diraih Bhabinkamtibmas Polda DIY ini tidak terlepas dari arahan Dirbinmas Polda DIY, Kombes Pol Tartono kepada jajarannya terkait upaya mengefektifkan penanganan permasalahan dalam masyarakat guna terpeliharanya kamtibmas di wilayah hukum Polda DIY.

Kombes Tartono mengatakan, kegiatan yang dilakukan jajarannya merupakan optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dalam mendukung Indonesia tangguh. Serta peran Bhabinkamtibmas yang sangat sentral dalam upaya pemeliharaan ketertiban masyarakat. 

Ditegaskan, personel Bhabinkamtibmas yang ditugaskan di desa/kelurahan merupakan ujung tombak pelayanan kepolisian. “Diharapkan keberadaan petugas Bhabinkamtibmas ini dapat berperan meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat, serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan dalam pencegahan gangguan Kamtibmas dan menciptakan situasi yang kondusif serta memberikan rasa aman bagi masyarakat,” tandas Tartono.

Lebih lanjut Tartono mengungkapkan, dalam pengelolaan atau pelaksanaan tugas pemeliharaan kamtibmas katub pertama adalah preventif, katub kedua adalah preemtif jika katub preventif dan katub preemtif berjalan efektif maka fungsi penegakan hukum itu akan lebih ringan dalam melaksanakan tugasnya.

“Sebenarnya Binmas itu tugas yang paling mulia, karena tugas Binmas itu harus menyentuh hati masyarakat", tandasnya.


(Deva)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre